Oleh: alljabbar | Maret 12, 2008

GERAK

Pengertian Gerak

Gerak adalah perubahan posisi suatu benda terhadap titik acuan. Titik acuan sendiri didefinisikan sebagai titik awal atau titik tempat pengamat.

Gerak bersifat relatif artinya gerak suatu benda sangat bergantung pada titik acuannya. Benda yang bergerak dapat dikatakan tidak bergerak, sebgai contoh meja yang ada dibumi pasti dikatakan tidak bergerak oleh manusia yang ada dibumi. Tetapi bila matahari yang melihat maka meja tersebut bergerak bersama bumi mengelilingi matahari.

Contoh lain gerak relatif adalah B menggedong A dan C diam melihat B berjalan menjauhi C. Menurut C maka A dan B bergerak karena ada perubahan posisi keduanya terhadap C. Sedangkan menurut B adalah A tidak bergerak karena tidak ada perubahan posisi A terhadap B. Disinilah letak kerelatifan gerak. Benda A yang dikatakan bergerak oleh C ternyata dikatakan tidak bergerak oleh B. Lain lagi menurut A dan B maka C telah melakukan gerak semu.

Gerak semu adalah benda yang diam tetapi seolah-olah bergerak karena gerakan pengamat. Contoh yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika kita naik mobil yang berjalan maka pohon yang ada dipinggir jalan kelihatan bergerak. Ini berarti pohon telah melakukan gerak semu. Gerakan semu pohon ini disebabkan karena kita yang melihat sambil bergerak.

Pembagian Gerak

Bedasarkan lintasannya gerak dibagi menjadi 3

  1. Gerak lurus yaitu gerak yang lintasannya berbentuk lurus
  2. Gerak parabola yaitu gerak yang lintasannya berbentuk parabola
  3. Gerak melingkar yaitu gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran

Sedangkan berdasarkan percepatannya gerak dibagi menjadi 2

  1. Gerak beraturan adalah gerak yang percepatannya sama dengan nol (a = 0) atau gerak yang kecepatannya konstan.
  2. Gerak berubah beraturan adalah gerak yang percepatannya konstan (a = konstan) atau gerak yang kecepatannya berubah secara teratur

Pada kesempatan ini hanya akan kita bahas tentang gerak lurus saja. Gerak lurus sendiri dibagi menjadi 2 :

1. Gerak Lurus Beraturan (GLB)

adalah gerak gerak benda yang lintasannya lurus dan kecepatannya konstan (tetap). Contoh gerak GLB adalah mobil yang bergerak pada jalan lurus dan berkecepatan tetap.

Persamaan yang digunakan pada GLB adalah sebagai berikut :

s = v.t

Keterangan :

s adalah jarak atau perpindahan (m)

v adalah kelajuan atau kecepatan (m/s)

t adalah waktu yang dibutuhkan (s)

Sebelum lebih lanjut membahas tentang gerak terlebih dahulu kita bahas tentang perbedaan perpindahan dan jarak tempuh.

Perpindahan adalah besarnya jarak yang diukur dari titik awal menuju titik akhir sedangkan Jarak tempuh adalah Panjang lintasan yang ditempuh benda selama bergerak.

Perhatikan gambar dibawah ini

Perpindahan

Sebuah benda bergerak dari A menuju B kemudian dia kembali ke C. Pada peristiwa di atas Pepindahannya adalah AB – BC = 200 m – 90 m = 110 m. Sedangkan jarak yang ditempuh adalah AB + BC = 200 m + 90 m = 290 m.

Apabila perpindahan dan jarak itu berbeda maka antara kecepatan dan kelajuan juga berbeda.

Kecepatan didefinisikan sebagai besarnya perpindahan tiap satuan waktu dan Kelajuan didefinisikan sebagai besarnya jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Perumusan yang digunakan pada kecepatan dan kelajuan adalah sama.

Karena dalam hal ini yang kita bahas adalah gerak lurus maka besarnya perpindahan dan jarak yang ditempuh adalah sama. Berdasarkan pada alasan ini maka untuk sementara supaya mudah dalam membahas, kecepatan dan kelajuan dianggap sama.

Pada pembahasan GLB ada juga yang disebut dengan kecepatan rata-rata. Kecepatan rata-rata didefinisikan besarnya perpindahan yang ditempuh dibagi dengan jumlah waktu yang diperlukan selama benda bergerak.

v rata-rata = Jumlah jarak atau perpindahan / jumlah waktu

Karena dalam kehidupan sehari-hari tidak memungkinkan adanya gerak lurus beraturan maka diambillah kecepatan rata-rata untuk menentukan kecepatan pada gerak lurus beraturan.

2. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Adalah gerak lintasannya lurus dengan percepatan tetap dan kecepatan yang berubah secara teratur. Contoh GLBB adalah gerak buah jatuh dari pohonnya, gerak benda dilempar ke atas.

GLBB dibagi menjadi 2 macam :

a. GLBB dipercepat

Adalah GLBB yang kecepatannya makin lama makin cepat, contoh GLBB dipercepat adalah gerak buah jatuh dari pohonnya.

Grafik hubungan antara v terhadap t pada GLBB dipercepat adalah

Grafik v - t

Sedangkan Grafik hubungan antara s terhadap t pada GLBB dipercepat

Grafik s - t

b. GLBB diperlambat

Adalah GLBB yang kecepatannya makin lama makin kecil (lambat). Contoh GLBB diperlambat adalah gerak benda dilempar keatas.

Grafik hubungan antara v terhadap t pada GLBB diperlambat

Grafik v -t GLBB diperlambat

Grafik hubungan antara s terhadap t pada GLBB diperlambat

Grafik s - t diperlambat

Persamaan yang digunakan dalam GLBB sebagai berikut :

Untuk menentukan kecepatan akhir

V akhir

Untuk menentukan jarak yang ditempuh setelah t detik adalah sebagai berikut:

Rumus Jarak

Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan persamaan diatas adalah saat GLBB dipercepat tanda yang digunakan adalah + .

Untuk GLBB diperlambat tanda yang digunakan adalah - , catatan penting disini adalah nilai percepatan (a) yang dimasukkan pada GLBB diperlambat bernilai positif karena dirumusnya sudah menggunakan tanda negatif.

Latihan soal

  1. Sebuah bola dengan massa 10 kg dilempar keatas. Setelah mencapai titik tertinggi bola kembali jatuh  ke bawah. Apabila percepatan gravitasi bumi 10 m/s2, maka (a) Jelaskan gerak apa saja yang telah dilakukan oleh bola, (b)  Hitunglah waktu yang diperlukan untuk mencapai titik tertinggi, (c) Berapakah tinggi maksimum yang dapat dicapai oleh bola?
  2. Jarak sekolah dengan rumah rudi adalah 30  km, Jika waktu masuk sekolah 07.00 dan Rudi berangkat dari rumah pukul 06.30 maka berapakah kelajuan minimum yang diperlukan Rudi supaya tidak terlambat?
  3. Sebuah truk bergerak dengan kecepatan 20 m/s kemudian dipercepat dengan percepatan 2 m/s2 selama 5 sekon. Berapakah kecepatan akhir truk?
  4. Bus bergerak munuju surabaya. 10 menit pertama menempuh jarak 4 km, 10 menit kedua menempuh jarak 8 km dan 10 menit terakhir menempuh jarak 6 km. Berapakah kecepatan rata-rata bus?
  5. Perhatikan grafikberikut ini

Grafik gerak

Hitunglah jarak yang ditempuh benda mulai awal sampai akhir?

About these ads

Responses

  1. kk

    mo tny…….

    maksudnya rumus a=At/Av

    ap?
    Buat mas dhimas maaaf mungkin yang anda maksud adalah a = AV/At. yang pertama A itu maksudnya delta atau selisih. Hakekat dari persamaan diatas adalah percepatan atau perlambatan suatu benda merupakan besarnya perubahan kecepatan suatu benda tiap satuan waktu. Benda yang mempunyai percepatan atau perlambatan adalah benda ber GLBB dan perlu dicatat bahwa percepatan disini bernilai konstan.

    • thanks.. udh membntu,
      tp lw bolh gsih sran,, tlong tambah cntoh2 soal + penyelesaianya.
      byar mdah d mengerti,,,

  2. maaf maw tanya…

    mas, ada rumus yang lebih mudah dimengerti untuk orang yang awam gak..

    soalnya aku belum ngerti sama sekali..??

  3. tolong doeng dijelasin

    • The Formula GLBB or equation of GLBB :
      Vt: Vo +/-a.t
      S :vo+/- ½.a.t2
      A : Vt-Vo: t

  4. mmmmm…kenapa disini gak ada kayak contoh soal dan sekalian sama penyelesaiannya????

  5. thank wat infonya….

  6. mas tlng kasih taw rumus na pa’an ne…..
    plieszz….

  7. coba aj soal-soalnya diperbanyak sekalian ama pembahassannya pasti lebih ngerti lagi

  8. Mas tolong isinya lebih dilengkapi lagi dunt……….

  9. tQ atas infonya yha kk.Dengan gini tugas gw ttg gerak akhirnya selesia dch….
    mksih yha infonya…
    ^^

  10. htr nuhn… thx..syukron wat referensiY….

  11. thank’Z!!!!!!!

  12. Soal no 1 tidak lengkap, misalnya kecepatan awal
    berapa ?
    Mungkin lain kali lebih diteliti. Thanks.

  13. DuCHh , ,
    mKCh xaCh
    tAs inFOx
    xg sNgat mMBntUq .

  14. menurut pengamatan saya hal itu tidak benar karena yang saya tahu gerak melingkar ialah gerak yang lintasannya berbentuk segitiga atau petak.

    he he mas mas… memang seperti itu, tapi semua ada penjelasannya

  15. thanks dah menolong bantu kerja tugassss

  16. peniiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  17. mas maaf ada gak soal2 gerak relatifnya ??

    trus syarat2 gerak itu relatif gmane ?
    mekanika teknik yang lebih mudah dimengerti ada gak ..
    maaf sebelumnya ..
    trims

  18. thankZ atas bantuannya
    kalo bisa di tambahin lagi materinya yawh…………..

  19. Makaci banyak yach……..

  20. lebih dilengkapi penemuan2 yang baru

  21. isi-isi x sngt bgs n bs diambil sbagai proyektor thanks

  22. krg bgt nie pnjelasannyaaa

  23. wewwwyyy ..
    kok ga jelas gni sichh ???
    diprjelass donkksss ..

  24. maaf ada cnth gerak GLBB yg bnyk gak?

  25. makasih ya,,,,,,,jadi aku tahu?sukse selslu ys?

  26. thx bro/sista!!

  27. Ada soal latihannya , tapi kok nggak ada cara penyelesaiannya yah. wah jadi bingung ni saya. tolong ditambahkan ya.

  28. thanks ini akan sy buat referensi buat mengajar di sekolah..

  29. mkch ats infony y…..

  30. hmm,,pngen tnya nh,,,tips2,,gmn cie bsa ngerti ama suka ama fisika nh,,,,,,???
    al”a susah bgt nangkepnya….
    thanks be4…

    • Sampean harus tahu dulu manfaat fisika. kalau udah tahu maka sampean akan tahu pentingnya fisika lalu tertarik dan akhirnya belajar

  31. mumet sirahku…

  32. contoh soal’a mna ?

  33. CONTOHNYA kurang Banyak

  34. mkzh ya zama artikelnya

  35. makasih udah bantuin nyelesai’in tugas……..

  36. ya alah kq gg bc” yoe bjr fisika………………

  37. cb,,,,,,,,,,, ketx lbih jls lge psty bc,,, loe segini gg blas isok.”e dri mren aq gg isok fisika…..

  38. mas kalau penerapan gerak parabola pada pemain sepak bola gmn?

  39. bagus banget n mmbantu…………………………..

  40. krang bnykog

  41. mkasi y tas info ‘a n mkasi uga dh bantu ngerjain tugas q,…
    klw da materi lain, ditambahin y…..

  42. ra mutu bgt Lho$jelek banget

  43. wah aq terbang sing ws koment assssuuuuu kabeh
    celeng

  44. nggak enak yaaya

  45. Lumayan………………………
    Tapi Lengkap Punyaku law Masalah Fisika…………

    Buka Fisika18.blogspot.com

    • lumayan lengkap, makasih, kunjungan balik

  46. penemu gerak ciapa ya??

  47. ,gag ada soal yg lebih sulit yaa??
    ,itu udah di luar kepala saya..

  48. Terima kasih atas info nya…
    Bagus dan sangat membantu sekali! :)

  49. mas mau tanya, kecepatan KA berkurang beraturan 25 m/s mjd 10 m/s jarak 525 berapa jauh lagi kerta api akan berhenti dan berapa lama utk mghentikannya ?
    n sbuahka sdang bergerak dg kec 72 km jam d percepat smpai kec. mjd 90k jam dlm wkt 5 det
    tent.
    a. berapakah percepatan yg di berikan kereta apinya ?
    b. hitung jarak yg di tempuh utk mencapai kec 90 km jam !

    please kasii rumus nya ya mas makasih :)

    gunakan rumus GLBB saja

  50. Bisa buat blog tentang gerak horizontal sama pertikal gk ???

  51. kok gk ada contoh contoh praktikum sih?
    tlng kasih contoh praktikum ya….
    dan kasih jga kesimpulannya ya:>

  52. Thanks very much

  53. saya mau ngutip nih… minta pustaka nya ya… penulis, tahun dan halaman nya… ditunggu… tq

  54. [...] http://alljabbar.wordpress.com/2008/03/12/gerak/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. [...]

  55. kak aku kok masih belum jelas Z….???

  56. mas, bisa kasih contoh GLBB dalam kehidupan sehari-hari sebanyak 10 contoh gak ?

  57. 18km/jam diubah jadi meter/sekon?.

  58. menurutu bagus, cuman kurang lengkap

  59. trims yaa buat infonya

  60. Menurut kalian yg termasuk GLBB di bawah ini mna yg bner?
    A. Bus kota sedang bergerak di jalan
    B. Pesawat bergerak pada ketinggian tertentu
    C. Buah Kelapa jatuh dri pohonya
    D. Kapal berlayar di tengah samudra

  61. kurang lengkap nih……………

  62. ahhhhh rumusnya qoq gk lengkaaaaaap

  63. terim kasih atas informasinx itu sangat lenkap sekali kalau ada soalnx ,
    que jga mau kq okkkk!

  64. aku suka ,
    aku suka ,
    aku suka ,
    aku suka ,
    aku suka ,
    aku suka ,
    aku suka ,
    au suka ,

  65. jawabbannya soal mana ya ?

  66. BAGUS

  67. guru aku suruh nyari arti dan contoh dari gerak lurus berubah ubah. udah aku cari dimana dimana gak dapat. tau gak ??

  68. trmksih ,,… bntu UN aku :)

  69. Thaks ya buat info nya

  70. gerak lurus berubah beraturan memiliki?????

  71. Knpa gk Ad Contoh Soal Skalian Pnyelesaian.xX,,,,,,,,,,,,,, ?

  72. msh gk ngerti,,,, du adhu

  73. gakk ngertiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    peeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnnnniiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnngggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggg
    hahahahahahaha

  74. ahirnya .. ketemu juga :) tapi aqu kan punya soal gini,ka . di scull
    # tuliskan prsamaan kecepatan pada gerak lurus !!
    tuh pusing bangett
    !!!

  75. thanks

  76. thank informasix

  77. terima kasih atas materi ini ya. soalnya bermanfaat buat saya. sekali lagi makasih ya. :-)

  78. dimn didapat ilmuan mengenai gerak lurus beserta teorinya????

  79. Kak, klo misalkan itu ada gaya grafitasi dan massany gmna jadi rumusnya..
    tlong jelaskan..
    trimakasih

  80. kak klo kecepatan sesaat itu
    seperti apa ..
    dan tolong jelaskan bagaimana penyelesaiannya..
    trimakasih,

  81. makasih infonya…

  82. kok ga ada pembahasannya sih. . . ?

    please donk kasi pembahasannya. . . :-)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: