Oleh: alljabbar | April 6, 2008

ENERGI DAN DAYA LISTRIK

Pemakaian energi listrik dewasa ini sudah sangat luas, bahkan manusia sangat sulit melepaskan diri dari kebutuhan dengan energi listrik. Semakin lama tidak ada satupun alat kebutuhan manusia  yang tidak membutuhkan listrik. Karena semua ini manusia tiap hari selalu berfikir bagaimana menciptakan dan menggunakan energi listrik secara efektif dan efesien.

ENERGI LISTRIK
Masih ingatkah kamu dengan pengertian energi?. Di kelas tujuh dahulu telah kita pelajari bahwa energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Maka pengertian energi listrik adalah kemampuan untuk melakukan atau menghasilkan usaha listrik (kemampuan yang diperlukan untuk memindahkan muatan dari satu titik ke titik yang lain). Energi listrik dilambangkan dengan W.
Sedangkan perumusan yang digunakan untuk menentukan besar energi listrik adalah :

W = Q.V

keterangan :
W = Energi listrik ( Joule)
Q = Muatan listrik ( Coulomb)
V =  Beda potensial ( Volt )

Karena I = Q/t maka diperoleh perumusan

W = (I.t).V
W = V.I.t

Apabila persamaan tersebut dihubungkan dengan hukum Ohm ( V = I.R) maka diperoleh perumusan

W = I.R.I.t

Satuan energi listrik lain yang sering digunakan adalah kalori, dimana 1 kalori sama dengan 0,24 Joule selain itu juga menggunakan satuan kWh (kilowatt jam).

HUBUNGAN ENERGI LISTRIK DENGAN ENERGI KALOR
Waktu kelas 7 materi kalor telah diberikan dan dibahas dengan komplit. Persamaan yang digunakan dalam menghitung energi kalor adalah

Q = m.c. (t2 – t1)

sesuai dengan hukum kekekalan energi maka berlaku persamaan :

W = Q
I.R.I.t = m.c.(t2 – t1)

keterangan :
I       = kuat arus listrik (A)
R     = Hambatan (ohm)
t       = waktu yang dibutuhkan (sekon)
m    = massa (kg)
c      = kalor jenis (J/ kg C)
t1    = suhu mula – mula (C)
t2    = suhu akhir (C)

PEMANFAATAN ENERGI LISTRIK
Energi listrik dapat diubah-ubah menjadi berbagai bentuk energi yang lain.
Energi listrik menjadi energi kalor, alat yang digunakan yaitu setrika listrik, ceret listrik, kompor listrik , dll
Energi listrik menjadi energi cahaya, alat yang digunakan yaitu lampu pijar, lampu neon, dll
Energi listrik menjadi energi gerak, alat yang digunakan yaitu kipas angin, penghisap debu,  dll dan masih banyak lagi penggunaan energi listrik.

Latihan soal

Dinamo sebuah mobil dilalui arus 60 A. Jika beda potensial yang diberikan Accu 12 Volt dan menghasilkan energi listrik sebesar 3.600 joule, berapakah waktu yang diperlukan untuk memindahlan energi listrik ke dinamo?

Sebuah TV dipasang pada tegangan 220 V, arus listrik yang mengalir 0,25 A. Berapa energi yang digunakan TV selama 1 Jam?

Faktor apa saja yang mempengaruhi besar energi listrik yang dilepaskan oleh sumber tagangan untuk diubah menjadi energi kalor oleh alat listrik?

About these ads

Responses

  1. tq atas tulisan anda menjadi inspirASI untuk project saya

  2. Beda potensial sumber arus listrik

  3. cba trg 2 btaru fisika kta tantang kamu

    dri : jocom

  4. bagus
    mohon dilengkapi lagi

    thanks

  5. no problem

  6. lebih dalam lagi dong informasinya ? please….. thanks untuk masa depan anak bangsa nech

  7. tadz bukannya kalori itu untk satuan kalor tapi kok bisa juga disini

  8. sebuah strika listrik 250 watt, 220 Volt, di pakai selama 1.5 jam. energi listrik yang diperlukan adalah?
    tolong penyelesaiannya…! Thank

  9. Yeeeee.. kok energi doang? mana daya listrik nya?

  10. Kalau msalx ada soal yg menaxkan satuan untk energi listrik trus ada bbrpa plihan d antarax ada watt sma kWh yg mna kta plih??

  11. fisika is very-very good

  12. buaggggus sekali tapi kurang lengkap

  13. sDh bgs ,……
    Tp krng Lngkp…

  14. aduhhh…..
    kurang lengkap nihh……
    pdhal bagus……

  15. jika ada 2 kawat sejajar di aliri arus listrik yg sama maka bagaimana arahnya?

  16. saya baca judul blognya dunia fisika Dunianya pengubah dunia, maksudnya apaan, dalam hal apa juga ………..????

  17. Tidak ada siswa bodoh, hanya belum beruntung bertemu guru …….yang baik. Ungkapan dari Prof Yohanes Surya pada acara Kick Andy,Jum at 16 Juli 2010. Betul dan setuju Prof…! Untuk fisika Listrik , pokoknya berlatih terus. Salam.

    betul betul betul

  18. bagus juga nich!

  19. bagus
    lebih bagus dilengkapi lagi dong ku mohon

  20. ko’ beda ya rumus hubungan energi listrik dgn energi kalor di sekolah saya

  21. tentang daya listriknya mana?????….

  22. tolong kasih contoh soal DAYA DAN ENERGI lISTRIK

  23. thanks.? Ats infonya
    next
    saranku she tlong rmusnya dlengkpi

  24. thanks sob ,…. bagus nih n_n data nya akurat… salam kenal….

  25. [...] source: http://alljabbar.wordpress.com/2008/04/06/energi-dan-daya-listrik/ Leave a comment [...]

  26. bagaimana untuk menggukur daya hembus angin pada kipas tolong rumusnya donk, dan gmn utuk menambah daya hembus pa cukup dengan mengubah sudut2 kipasnya saja? trim

  27. thank,wat materix eachhhh,it’s veryyyy good

  28. nice :D

    • emmm… blh knlan gk…?

  29. aku gk tw cara blajr enrgi listrik dan daya,

    tlng ajarin donk…..!!

    mkasih

  30. kereen

  31. makasih banget ya buat pemberitahuan nya , jadi bisa kerjain tugas deh :)
    tapi kallo bisa di detail llagi ya (\^_^/) thanks

  32. thanks, ini memudahkan aku u/ belajar

  33. Tq u/ tlisan’a…
    sangat mmbntu tgs2 sy…

  34. waaaaaaahhhh. Kka buat dari tahun 2008 ternyata masih kepake juga buat tahun 2012.
    makasih ea, jadi sekarang aq bisa belajar n ngerjain soal.

  35. kk tolong cariin yg daya listrik nya juga jangan cuma energi listrik aja

  36. Bagus Sih, tp Kurang Lengkap tuh… :/
    Kagak Ada Daya Listrik….

  37. bagus sih bagus, cman tolong dilengkapii lagi yah :D

  38. wawhhh udah bagus tpi kurang lengkap

  39. kk ini kan di judulnya ada daya listrik ….. tapi kok cma ada energi listrik doang??????

  40. kurang lengkap and ga di mengerti ni


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: