Oleh: alljabbar | April 6, 2008

GAYA LORENTZ

Telah kita bahas bahwa apabila kawat dialiri arus listrik maka akan menimbulkan medan magnet disekitarnya (baca bab medan magnet disekitar kawat berarus).
Bila penghantar berarus di letakkan di dalam medan magnet , maka pada penghantar akan timbul gaya. Gaya ini disebut dengan gaya lorentz. Jadi gaya lorentz adalah gaya yang dialami kawat berarus listrik di dalam medan magnet. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya Lorentz dapat timbul dengan syarat sebagai berikut :
(a) ada kawat pengahantar yang dialiri arus
(b) penghantar berada di dalam medan magnet

perhatikan gambar di bawah ini

Bagaimana gaya lorentz berfungsi, maka lakukan percobaan dengan mengamati bentuk medan magnet atau garis gaya magnet selama percobaan.
Bila pengamatan dilakukan dengan benar maka akan diperoleh :
(a) Makin besar arus listrik yang mengalir, makin besar pula gaya yang bekerja dan makin cepat batang penghantar bergulir.
(b) Bila polaritas sumbu dirubah, maka penghantar akan bergerak dalam arah yang berlawanan dengan gerak sebelumnya.

MENENTUKAN ARAH GAYA LORENTZ

Arah gaya lorentz dapat ditentukan dengan aturan tangan kanan. Jari-jari tangan kanan diatur sedemikian rupa, sehingga Ibu jari tegak lurus terjadap telunjuk dan tegak lurus juga terhadap jari tengah. Bila arah medan magnet (B) diwakili oleh telunjuk dan arah arus listrik (I) diwakili oleh ibu jari, maka arah gaya lorentz (F) di tunjukkan oleh jari tengah.
perhatikan gambar berikut :

Gaya lorentz pada penghantar bergantung pada faktor sebagai berikut :
(1) kuat medan magnet (B)
(2) besar arus listrik (I)
(3) panjang penghantar

sehingga dapat dirumuskan

F = B.I.L

keterangan :
F adalah gaya lorentz (N)
B adalah kuat medan magnet (Tesla)
I adalah kuat arus listrik (A)
L adalah panjang penghantar (m)

About these ads

Responses

  1. Puuuzzziiingggggggggggggggggggg……………………

  2. artikele kurang katah……

  3. gaya kurang bnyak
    mosok namanya lorenzt tok…….

    • nyari gaya lorentz juga yach ??? HEHEHEHEHEHEHEHEHEHEH

  4. wah, sithik men artikele?
    penting ki pak !

  5. Cariin dunk, laporan praktikum gaya lorentz

  6. Waa………………….!!!!!!!!!!!!!!!! tolong cariin yang laen dongxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

  7. y ampun pucing banget ini kepala

  8. Ternyata tidak terlalu rumit gaya lorentz itu

  9. LumayanLah. .
    Drpda Lumanyun. .

  10. mas,,,, tanya bisa kasih contoh uji konduktivitas gak……..lagi dapet tgs ne,,, maksh,, kunjgi blog ku ya

  11. wah….belar fisika tuh .tp klo gak muet gakenak .
    pa lg gy LoreNtzzzzzz…….!!!1

  12. gambar sudah jelas perlu ditambah kaedah tangan kiri

  13. Blengggeerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr…….

  14. mas kalau hubungan antara massa benda dan gaya lorentz gmn?
    Trmx…

    Memang sepertinya ada hubungan tapi menurut saya kecil sekali, karena gaya lorentz adalah gaya yang dialami kawat berarus listrik yang diletakkan dalam medan magnet. Dalam bab ini massa kawat diabaikan

  15. i like it.. haha :D

  16. gaya lorentz sama gaya magnet beda atau sama?????????????????????

  17. thank’zz a lot atZ infO_na..
    bZ jG neCh nyeLesai_in TgaZ..
    hehehe

  18. mudeng sich mudeng tapi stlh clcai pljran’a lngsung lupa xixixixixixiii. . . . . . .

  19. makacih ats tlsannya…

  20. hahaha,,,,
    gaya lorentz mankz ngetop…
    tpi bt rang puyenggggggggggggg

  21. oke john…………………………………….

  22. walah, kok g ad yang bahas tentang medan magnet bumi secara jelas dan rinci.
    laporan praktikum ku keburu dikumpulin………..

  23. hmmm,,,praktek gaya lorent asyik kyaknya

  24. kurang lengkap penerapannya…..

  25. materinya dah bagus, bs dimengerti.. tolong buat juga untuk generator AC dan DC. Thank’s.

  26. Wah…wah…… fisika
    mayan angel yo…………………..wkwkwkwkwkw
    pelajaran fisika kerep2 nang lab wae…

  27. wah fisika bikin mumet alias pucinggggggggggg buanget……………………

  28. makasi yaa.. wahh ngabantu banget nih.. buat tugas gua..

  29. bos gambarnya aneh masak medan magnet dari selatan ke utara…?yg bener aja…

  30. wah, enak yaa cara mengingat pelajaran fisika…
    gaya lorenz ja, bisa di ingat dengan tangan, hehe

  31. ga lengkap…..
    makalah gaya lorentz tolong di shere dong…

  32. fisikaa mantaappp…….

  33. oke… mksi :-)

  34. duwchhhhhhhhhhhhhhhh

  35. q pusingggggggg

  36. pusing ya…??

    tpi buat pinter..

  37. MANTEP OOM

  38. haduh..
    fidika ra njowo blaz..
    gurune ita itu…
    jlasne po ceramah wie gurune..
    wes pokok e ra njowo..
    mblabar pisan..

  39. jhon… soal tentang gaya louren pada 2 kawat sejajar … kayak mana ?

  40. kurang lengkap…..apa apaan ni…lengkapi lagi dong…pleaseeeeeeeee

  41. Ha. . .Mesti Buat laporan PKL pake gaya lorentz ne motornya..
    bantuin dUnk ???

  42. Kalo belajar fisika teoritis sih gmpang, pas ku coba secara praktis kok tidak bergaya terus, remponk, gmna ya? Mas tolong unggah bentuk visualisasinya dalam bentuk video(bahasa indonesia format 3gp, mp4, flp, mpeg untuk di handpone),donk biar g remponk!

  43. z ingin bertanya tentang soal fisika yang membahas masalah gaya lorentz pada medan magnet dan berhubungan dengan elektron. bolehkah ? balaski kodong, pleaseeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  44. punya petunjuk praktikum ya pak

  45. materinya mantep pisan,tetapi sayangnya kurang lengkap

  46. kurang jelas……..

  47. apakah anda pembalap ?? HAHAHAHAHAHAHAH

  48. gileeeee….
    pusing amet………

  49. huhhhhhhhhhhhhhh cba nyrik gya q jak biar tag repot*,,,,

  50. sekalian contoh soalnya dong ///////////////

    • sebenarnya isika itu nggk sulit lho…
      tp trgantung ktaxx….

  51. Gambar nya mana assu………………. anjing anjing anjing anjing

  52. kurang lengkap mas :’( sayang banget !

  53. fisika sebenarnya menyenangkan

  54. Pengin bs praktis bljr fsika Biar lbh faham lg,

  55. rumus yg lain ,,,mau donk!!!

  56. nanya donk, sebuah kawat PQ diletakkan didalam medan magnet homogen. jikakawat dialiri arus dari Q menuju P,maka arah kawat akan melengkung ..

  57. aduh pak cariin yang buat penerapan gaya lorentznya donk, puzzzzzzzzziiiiiing nie. yg udah jadi makalah yaaaaaaaaaaa

  58. tolong cariin makalah buat penerapan gaya lorentz yeaaaa

  59. Saya ingin menanyakan soal fisika:

    budi ingin memperoleh gaya Lorenz sebesar 7,5 newton ke atas dari 20
    meter kawat penghantar yang berada dalam medan magnet 2,5 x 10-2 atau 0,025 tesla ke utara.
    Berapakah besar dan arah arus listriknya ?

    Mohon jawabanya dan caranya 
    Sekian dan trimakasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: