Oleh: alljabbar | April 6, 2008

HUKUM KIRCHOFF 2

Hukum Kirchoff secara keseluruhan ada 2, dalam sub ini akan dibahas tentang hukum kirchoff 2. Hukum  Kirchoff 2 dipakai untuk menentukan kuat arus yang mengalir pada rangkaian bercabang dalam keadaan tertutup (saklar dalam keadaan tertutup).
Perhatikan gambar berikut!
Hukum Kirchoff 2 berbunyi : ” Dalam rangkaian tertutup, Jumlah aljabbar GGL (E) dan jumlah penurunan potensial sama dengan nol”. Maksud dari jumlah penurunan potensial sama dengan nol adalah tidak ada energi listrik yang hilang dalam rangkaian tersebut, atau dalam arti semua energi listrik bisa digunakan atau diserap.

Dari gambar diatas kuat arus yang mengalir dapat ditentukan dengan menggunakan beberapa aturan sebagai berikut :

  • Tentukan arah putaran arusnya untuk masing-masing loop.
  • Arus yang searah dengan arah perumpamaan dianggap positif.
  • Arus yang mengalir dari kutub negatif ke kutup positif di dalam elemen dianggap positif.
  • Pada loop dari satu titik cabang ke titik cabang berikutnya kuat arusnya sama.
  • Jika hasil perhitungan kuat arus positif maka arah perumpamaannya benar, bila negatif berarti arah arus berlawanan dengan arah pada perumpamaan.

Latihan soal :
Masih dari gambar di atas bila diketahui :

E1 = 10 V dan r1 = 0,2 ohm

E2 = 12 V dan r2 = 0,25 ohm

R1 = 0,3 ohm

R2 = 1,5 ohm

R3 = 0,5 ohm

maka tentukan besar dan arah kuat arus yang mengalir melalui tiap cabang (tentukanah I1, I2 dan I3)

About these ads

Responses

  1. tolong cariin dong soal yang berhubungan dengan ini

  2. mau tanya, bagaimana membuat blog seperti ini di wordprees?terima kasih

  3. TOLONG CARIIN MANFAAT HUKUM KIRCHOFF II

  4. Bagi donk pengalamanya membuat blog gini??? OK!!!!!!!!!

  5. Bagi donk pengalamannya membuat blog gini??? OK!!!!!!!!!

  6. tolong tunjukkan contoh contoh soal sekalian ya.

  7. Gyahahahahahahahaha!!!!!!!!!! DAASSAARR !!!! kamu kan anak IPS! ngapain kamu blajar FISIKA? mending kamu blajar akuntansi aja sana! biar masuk STAN

  8. lebih susah fisika, dr pd kalkulus

  9. Keren abis kk/cc belajar dimana

  10. Maaf tolong dong kirim hukum kirchoff 2 di email: ance_temi@yahoo.co.id ya pl3453

  11. tolong bisa lebih di lengkapin lg bahasan tentang hukum kirchoff

  12. tolong cari kan soal dan jawaban tentang hukum kirchoff

  13. tolong jelaskan bagaimana cara menghitung sumber arus listrik(GGL)

    • GGL diukur ketika rangkaian dalam kondisi terbuka, jadi langsung ke sumber tegangan yang dipakai menggunakan AVO

  14. punya soal prediksi un tentang fisika,biology,kimia, kagak? kalo ada mau dong!! sekalian pembahasannya…..nyehehehe…(= v =)
    / /

    • cari sendiri deh, gua z bingung pa lag……………..
      yooooookkk kita cari bareng bareng……………,,,,,,

  15. makaseh atas informy…………….

  16. yup.. thanks.. aq bentar Lg praktkum about this title.. ^_^

  17. bagi pengalaan dunk

  18. bagi pengalamanya dlm m’buat blog ini donk…..

  19. hmmm,,,, tanpa hukum kirchoff,, susah juga tuh mengidentifikasi arus listrik.
    1. http://ftunand.ac.id/

    http://hmte.unand.or.id

  20. saya tidak mengerti sama sekali!!!!!!! saya harus nerangin di dpn kelas kasih tau donk rumus”nya………………………………………….. tolong y!!!!

  21. matur nuwun,q jd bs slesaikan tugas….

  22. I1= 10A
    I2=5.33A
    I3=15.33A

  23. gw masih ilmun dasarnya….

  24. makasih …………..
    yugas dah selesaaaaai

  25. makasih …………..
    tugas dah selesaaaaai

  26. makasihh tzz inforrrmasi naaaa ,.,:)
    tpi kurang lengkap ne

  27. makasih yah tapi krg lgkp neee

  28. cuy apa sih bunyi hukum liu


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: