Oleh: alljabbar | April 7, 2008

SUHU

Pengertian suhu

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas dingin suatu benda dan alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah thermometer. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat untuk mengukur suhu cenderung menggunakan indera peraba. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi maka diciptakanlah termometer untuk mengukur suhu dengan valid.

Pada abad 17 terdapat 30 jenis skala yang membuat para ilmuan kebingungan. Hal ini memberikan inspirasi pada Anders Celcius (1701 – 1744) sehingga pada tahun 1742 dia memperkenalkan skala yang digunakan sebagai pedoman pengukuran suhu. Skala ini diberinama sesuai dengan namanya yaitu Skala Celcius. Apabila benda didinginkan terus maka suhunya akan semakin dingin dan partikelnya akan berhenti bergerak, kondisi ini disebut kondisi nol mutlak. Skala Celcius tidak bisa menjawab masalah ini maka Lord Kelvin (1842 – 1907) menawarkan skala baru yang diberi nama Kelvin. Skala kelvin dimulai dari 273 K ketika air membeku dan 373 K ketika air mendidih. Sehingga nol mutlak sama dengan 0 K atau -273°C. Selain skala tersebut ada juga skala Reamur dan Fahrenheit. Untuk skala Reamur air membeku pada suhu 0°R dan mendidih pada suhu 80°R sedangkan pada skala Fahrenheit air membuka pada suhu 32°F dan mendidih pada suhu 212°F.

Berikut ini perbandingan skala dari termometer diatas

Yang menjadi masalah dalam bab suhu adalah kebanyakan orang kesulitan untuk mengubah dari satu skala ke skala yang lainnya. Berikut ini adalah contoh mengubah dari skala celcius ke skala fahrenheit

Untuk skala yang lain caranya sama dengan contoh diatas. Thermometer menurut isinya dibagi menjadi : termometer cair, termometer padat, termometer digital. Semua termometer ini mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Sedangkan berdasarkan penggunaannya termometer bermacam-macam sebagai misal termometer klinis, termometer lab dan lain-lain.

Berikut ini pembahasan macam macam termometer.

Pembuatan termometer pertama kali dipelopori oleh Galileo Galilei (1564 – 1642) pada tahun 1595. Alat tersebut disebut dengan termoskop yang berupa labu kosong yang dilengkapi pipa panjang  dengan ujung pipa terbuka. Mula-mula dipanaskan sehingga udara dalam labu mengembang. Ujung pipa yang terbuka kemudian dicelupkan kedalam cairan berwarna. Ketika udara dalam tabu menyusut, zat cair masuk kedalam pipa tetapi tidak sampai labu. Beginilah cara kerja termoskop. Untuk suhu yang berbeda, tinggi kolom zat cair di dalam pipa juga berbeda. Tinggi kolom ini digunakan untuk menentukan suhu. Prinsip kerja termometer buatan Galileo berdasarkan pada perubahan volume gas dalam labu. Tetapi dimasa ini termometer yang sering digunakan terbuat dari bahan cair misalnya raksa dan alkhohol. Prinsip yang digunakan adalah pemuaian zat cair ketika terjadi peningkatan suhu benda.

Raksa digunakan sebagai pengisi termometer karena raksa mempunyai keunggulan :

  1. raksa penghantar panas yang baik
  2. pemuaiannya teratur
  3. titik didihnya tinggi
  4. warnanya mengkilap
  5. tidak membasahi dinding

Sedangkan keunggulan alkhohol adalah :

  1. titik bekunya rendah
  2. harganya murah
  3. pemuaiannya 6 kali lebih besar dari pada raksa sehingga pengukuran mudah diamati

Termometer Laboratorium

Termometer ini menggunakan cairan raksa atau alkhohol. Jika cairan bertambah panas maka raksa atau alkhohol akan memuai sehingga skala nya bertambah. Agar termometer sensitif terhadap suhu maka ukuran pipa harus dibuat kecil (pipa kapiler) dan agar peka terhadap perubahan suhu maka dinding termometer (reservoir) dibuat setipis mungkin dan bila memungkinkan dibuat dari bahan yang konduktor.

Termometer Klinis

Termometer ini khusus digunakan untuk mendiaknosa penyakit dan bisanya diisi dengan raksa atau alkhohol. Termometer ini mempunyai lekukan sempit diatas wadahnya yang berfungsi untuk menjaga supaya suhu yang ditunjukkan setelah pengukuran tidak berubah setelah termometer diangkat dari badan pasien. Skala pada termometer ini antara 35°C sampai 42°C.

Termometer Ruangan

Termometer ini berfungsi untuk mengukur suhu pada sebuah ruangan. Pada dasarnya termometer ini sama dengan termometer yang lain hanya saja skalanya yang berbeda. Skala termometer ini antara -50°C sampai 50°C

Termometer Digital

Karena perkembangan teknologi maka diciptakanlah termometer digital yang prinsip kerjanya sama dengan termometer yang lainnya yaitu pemuaian. Pada termometer digital menggunakan logam sebagai sensor suhunya yang kemudian memuai dan pemuaiannya ini diterjemahkan oleh rangkaian elektronik dan ditampilkan dalam bentuk angka yang langsung bisa dibaca.

Termokopel

Merupakan termometer yang menggunakan bahan bimetal sebagai alat pokoknya. Ketika terkena panas maka bimetal akan bengkok ke arah yang koefesiennya lebih kecil. Pemuaian ini kemudian dihubungkan dengan jarum dan menunjukkan angka tertentu. Angka yang ditunjukkan jarum ini menunjukkan suhu benda

About these ads

Responses

  1. koq di suhuna ga ada yg nmana suhu nol mutlak sihh??

    aku cari2x nda ada!!

    bkn pusing.. !!!!!!!!!!!

    soalna nieh pr pntn!!

    tlng d blz yah.. ke yahoo mail aku..

    mksh

    Begini mbak, nol mutlak adalah saat suhu benda menunjukkan nilai 0 K, tapi sampai sekarang tidak ada yang bisa membuat kondisi benda sampai suhu nol mutlak

    • koq penjelasannya kurang lengkap yaaaaaaaa…….ch, seperti kerugian alkhohol & air raksa……….. yaa,,,,, law gituuu bisa di lengkapin aja dech……

      • aku sebenarnya gak tau apa” mbk, tapi aku sok tau,wkwkwkw

      • cari di gramed banyak tuh kl ga cari di mbah google

    • kok di suhu gak ada macam-macam suhu
      aku kan lagi nyari dapet tugas matematika nih

  2. wew canggih juga y~

  3. wew canggih juga y~ gambar nya dong bantu in nie

  4. kurang lengkap

  5. thanks for sharin’

  6. perbedaan radiasi dan konduksi

  7. ada gak bedanya suhu sama temperatur… kata dosenku ada, tapi aku nyari2 kayaknya sama aja deh….
    terus yang dimaksud dengan suhu absolut itu apah???
    makaci

    suhu itu besarannya sedangkan temperatur cenderung nilai dari suhu.
    suhu mutlak sering disebut dengan suhu absolut itu suhu ketika mencapai 0 kelvin

  8. makasih bwt artikel² nya,,
    sangat membantu saya :)

  9. itu baru pengertian suhu!

  10. bagus

  11. aduuh ngebantuu bgt nii. hehehehe.

  12. LeBiH Lengkap DOnk…………!

    masak cuma segini………….,,,,,,,,,!

  13. wah keren bnget nih, boleh ya Q minta buat nambah2 referensi…
    maksih sebelumnya…

  14. thx.. Hahaha.. tgas fifika q terselamatkan

  15. thx.. Hahaha.. tgas fisika q terselamatkan

  16. tHanks bNgt….
    bWt aRt!keLNyA..,
    tP…kAyAx’y kUrAng lEngkAp dEch??!ya kn.

  17. memang membantu tapi rada bikin binun . pi tetep maksii ya ?

  18. cip

  19. suhu kan di nyatakan dengan kelvin,celcius,dan farenheit .
    tolong di sebutkan darimn asl kata tsb,dan penertiannya. trims

    mbak semua itu diambil dari nama yang membuat

  20. thanksssssssssssssss bangetsss y!!!!!!!!!!!!
    tgz fisikaq terselamatkan
    hehe..
    tp kyknya kurang lengkap deh..

  21. kurang lengkap ……….

  22. q s4nG4t K4Gum bWt yG NuLIs 4rtiKELnya

  23. bagusssss…

    tapi mao nanya nihh.. mhon sgera di jawab yyaa.. penting bgt…… tgs fisika kuu y buat 3 hari lg….

    bedanya suhu ama panas apa?
    kalo anak demam, knapa kok banyak yg bilang,, “wahh.. panasnya naik..”
    padahal kann yg naik suhu tubuhnya kannn???

    mohon bantuannyaaa… pliiiiiiiiiiiiiiiiiiss…

    tengsss.. bgd b4

    maaf baru bisa balas, suhu itu besaran yang menyatakan besarnya panas. ibarat panas itu manusia dan suhu itu nama yang menunjukkan indentitas manusia

  24. thx for all… ^^

  25. koq suhu nol mutlak gak ada sih?

  26. aQ ada tugas yang haRus seLesai beSog sLasa…aQ tanya,,seBenar.a penemu termometer Galileo atoo Anders Celcius toh. ?? .enn SI.a suhu kog KeLvin. ?? .p penemu.a KeLvin ya..egg..

  27. Wallah…harusx u smw pd b’syukur…plg tidagh ini membantu…
    Kalo kurang lengkap,ya kalian lengkapi dhund…jgn asal ng0m0ng…
    Dsr gagh tauwh b’syukur…

  28. sulit sekali

  29. ba9us..
    tp kurn9 Ln9kap.
    dftar pstaka nya kq 9′ da..

  30. aku ada pr nehh..
    tlg bantu yahh…
    berapa skala yang ditunjukan oleh termometer celcius dan farenheit menunjukan angka yang sama ?
    truz soalna sama tp antara reamur dan farenheit…

    cra menghitungnya gmana c..???
    tlg bantu yahh…

    untuk yang celcius sama dengan F itu yan -40 derajat caranya pakai perbandingan biasa

  31. cri tabel kalr berbagai jenis zat nich! gmn cR’y Y? tlong_

  32. [...] Comment! “Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas dingin suatu benda dan alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah thermometer. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat untuk mengukur suhu cenderung menggunakan indera peraba. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi maka diciptakanlah termometer untuk mengukur suhu dengan valid” (dikutip dari : http://alljabbar.wordpress.com/2008/04/07/suhu/) [...]

  33. thanks,…… 085796079920/ my fb… juniar fmly back bone…. im waiting……

  34. ah…………….tugasQ blm nemu nih………………..apa sih pengertian dari suhu nol mutlak itu????????????????buruan bales yach!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  35. terimakasih atas infonya,,jd bisa jawab pertanyaan yg d lontarnya untk sy.

  36. kalo aku sih kelas 1 smp lagi belajar itu bab 2

  37. Baguzzz….sippp….
    aku mo nanya..
    fungsi dari masing-masing termometer itu apa?plissss penting ni….

    • Semua termometer berfungsi untuk mengukur suhu. hanya saja suhu apa yang diukur menyebabkan penggunaan termometer berbeda. Contoh mengukur suhu badan maka kita menggunakan terometer klinis bukan termometer platina. gitu

  38. keren bgt.

  39. kalau menurut aku kurang lengkap,,,,rumus’y tuh harus di tampilkan dan hrus ada contoh soal’y juga,biar jelas,,mksh

  40. aku,jadi lebih paham..
    tapi,aku mw nanya kalo cara kerja termometer yang di temukan oleh galileo …………..
    itu apa??

    tolong di jwb yahh
    makasih

  41. note:
    Nol Mutlak itu adalh kelvin.karena titik bawah atau nol pada kelvin itu tidak didasarkan pada titik beku air, namun didasarkan pada energi kinetik rata-rata molekul suatu benda…maka dari itu nol ke\lvin disebut dengan 0 mutlak;karena tidak ada lagi suhu-suhu dibawah suhu nol mutlak…trim’s

  42. d internet kok kadang2 kga lngkp npa yaa

  43. kan kalaaau normal 36,5 – 37,5
    tapi kalau dibawah itu apakah suhu badan itu tidak normal??
    apakah itu yang di sebut hipotermi?>

  44. makasih banyaaaaaaaaaaaaak………..

  45. macam-macam suhu apa aj sch dan seperti ap???
    tolong bantuannya….
    terimakasih….

  46. ad yg tw termometrik zat ndg ??

  47. mau tanya bisa nulis post ttg Syarat zat pengisi termometer yang baik?

  48. akhirnya tugas slesai……thx banyak2…tapi aq masih bingung “0 K” itu setara sama “-273,15 ºc..apa..-273,16 ºc”????

  49. yyyyyyy

  50. iyaa dech……………………..
    thaks, tapi correct kan lg ya…………………

  51. [...] http://alljabbar.wordpress.com/2008/04/07/suhu/, di akses pada tanggal 19 Maret [...]

  52. sox pinter sich…

  53. capruk kaga lengkap ..

  54. theeeeeeeeeeess ya ats soa and jawab????????????????????????????????????????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  55. makasih udh menambah wawasan

  56. Thanks atas adanya ini sya bsa lbih memeahami dah bisa mengerjakan tugas yg awalnya kurang bisa saya mengerti

  57. thx ats info”x. .:)
    mga bza brmnfaat bwt pra pljar yg layn. .

  58. apakah ga ad yg lain ka ???

  59. [...] http://alljabbar.wordpress.com/2008/04/07/suhu/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. [...]

  60. thnks very much for your information

  61. Sangat membantuku buat tugas geografi :)

  62. Sangat membantuku buat tugas geografi :) :)
    tapi…tambah lagi d0nk.
    Biar pengetahuan yg baca, nambah

  63. makasih telah bermanffaat

  64. kenapa SI hruz kelvin,kenapa gag celcius ajh…??

  65. makasihh ya , atas pengetahuannya akuu jdi tau deh dan pr2 ku bisa di kerjakann :)) hehehe thankss :)

  66. makasih atas infonya tp kl ada yg tau si untuk suhu apa?

  67. Sifat2 zat yg berubah karena perubahan suhu paaja Gan. . . ?

  68. Ijin sedott mas bro THX

  69. akk gga tanya itu , tphi akkk tanya klo 77 derajat fahrenheit dijadikan ke celcius ?

  70. terima kasih atas ilmunya semoga dunia fisika bermanfaat bagi kita semua!!!!!!!!!!!!! AAAAAAAAAAAAMMMMMMMIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNN

  71. gkk ngrtii

  72. aku mau tnya kalau cara menentukan angka dimana skala celcius-fahrenheit, celcius-reamur, dan reamur-fahrenheit pada nilai yang sama itu caranya bagaimana?

  73. 400 Gram air dengan suhu 30 ºC di letakkan pada bejana tembaga dengan massa 500 gram , panas jenisnya Ccu = 0,39 kj/kg ºC, kemudian di tambahkan air panas 100 gram yang suhunya 90ºC. Berapa suhu akirnya……….?

  74. Kalau ada soal kya gini gmana?
    Jika tR=1/2 tF
    terima kasih

  75. Ini kurang lengkap !!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: