Oleh: alljabbar | Juni 8, 2008

BUNYI

Bunyi merupakan gelombang mekanik yang dalam perambatannya arahnya sejajar dengan arah getarnya (gelombang longitudinal).

Syarat terdengarnya bunyi ada 3 macam:

  1. Ada sumber bunyi
  2. Ada medium (udara)
  3. Ada pendengar

Sifat-sifat bunyi meliputi :

  • Merambat membutuhkan medium
  • Merupakan gelombang longitudinal
  • Dapat dipantulkan

Karakteristik Bunyi ada beberapa macam antara lain  :

Nada adalah bunyi yang frekuensinya teratur.

Desah adalah bunyi yang frekuensinya tidak teratur.

Warna bunyi adalah bunyi yang frekuensinya sama tetapi terdengar berbeda.

Dentum adalah bunyi yang amplitudonya sangat besar dan terdengar mendadak.

Cepat rambat bunyi

Karena bunyi merupakan gelombang  maka bunyi mempunyai cepat rambat yang dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu :

  1. Kerapatan partikel medium yang dilalui bunyi. Semakin rapat susunan partikel medium maka semakin cepat bunyi merambat, sehingga bunyi merambat paling cepat pada zat padat.
  2. Suhu medium, semakin panas suhu medium yang dilalui maka semakin cepat bunyi merambat. Hubungan ini dapat dirumuskan kedalam persamaan matematis (v = v0 + 0,6.t) dimana v0 adalah cepat rambat pada suhu nol derajat dan t adalah suhu medium.

Bunyi bedasarkan frekuensinya dibedakan menjadi 3 macam yaitu

  • Infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz. Makhluk yang bisa mendengan bunyii infrasonik adalah jangkrik.
  • Audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz sampai dengan 20 kHz. atau bunyi yang dapat didengar manusia.
  • Ultrasonik adalah bunyi yang frekuensinya lebihdari 20 kHz. makhluk yang dapat mendengar ultrasonik adalah lumba-lumba.

Persamaan yang digunakan dalam bab bunyi sama dengan pada bab gelombang yaitu v = s/t

BUNYI PANTUL

Bunyi pantul dibedakan menjadi 3 macam yaitu :

  1. Bunyi pantul memperkuat bunyi asli yaitu bunyi pantul yang dapat memperkuat bunyi asli. Biasanya terjadi pada keadaan antara sumber bunyi dan dinding pantul jaraknya tidak begitu jauh (kurang dari 10 meter)
  2. Gaung adalah bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli. Biasanya terjadi pada jarak antara 10 sampai 20 meter.
  3. Gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli. Biasanya terjadi pada jarak lebih dari 20 meter

Perbedaan antara Nada dengan Desah, Nada adalah bunyi yang mempunyai frekuensi teratur sedangkan Desah adalah bunyi yang mempunyai frekuensi tidak teratur.

Beberapa manfaat gelombang bunyi dalam hal ini adalah pantulan gelombang bunyi adalah

  1. dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut disini yang digunakan adalah bunyi ultrasonik
  2. mendeteksi janin dalam rahim, biasanya menggunakan bunyi infrasonik
  3. mendeteksi keretakan suatu logam dan lain-lain.
  4. diciptakannya speaker termasuk manfaat dari bunyi audiosonik.

Persamaan yang digunakan dalam bunyi sama dengan dalam gelombang yaitu v = s/t. Untuk bunyi pantul digunakan persamaan v = 2.s/t

About these ads

Responses

  1. mo nanya!!!
    manfaat gelombang infrasonik dan audiosonik mana y?kok g ada

    • setaw sya gelombang infrasonik i2w gelombang yang frekuensinya kurang dari 20 Hz
      sedangkan gelombang ultrasonik i2w gelombang yang frekuensinya 20.000 Hz / 20 KHz..,,
      sedangkan manfaat dari gelombang ultrasonik yaitu untuk mengetahui kedalaman air laut yang sering di pake kapal”, dan dibuat untuk mengetahui jarak antar 2 benda yang saling berjahuan…/// >><<
      trim's

      • apa arti audiosonic, ultrasonic dan ifrasonic?
        tolong jawab yg cepat karena untuk PR IPA saya besok…!
        saya masih SD trus dibuku tdk ada jawabannya.
        terima kasih ^_^

    • cari aja ndiri…:p

  2. pemanfaatan gelombang bunyi kurang lengkap…

  3. aplikasi gelombang bunyi pada berbagai bidang ilmu apa aja ya?
    Dalam ilmu peperangan juga menggunakan gelombang bunyi
    Dalam geologi, pertambangan, kedokteran dll

  4. apa manfaat gelombang bunyi?

  5. ada pr dari guru nih suruh nyari manfaat gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari
    gelombang bunyinya mana si kk?

  6. manfaatnya kurang lengkap kk……!!!
    tlg dibanyakin ya

  7. cuma segitu??
    pemanfaatan bunyinya terlalu sedikit!!!

  8. wah, nama situsnya sama dengan nama situs milik saya dunia fisika … salam kenal

    • yuu mari

  9. Bagaimana cara mendeteksi janin dalam rahim dengan gelombang bunyi???

    • Ultrasonografi, o ya…jgn lupa mampir ke blog saya ya…!

      situsains.blogspot.com

  10. assalamu’alaikum tadz, nih santri arrahmat mau tanya gmn bunyi itu bisa mengukur kedalaman laut ?

    bukan bunyinya yang digunakan untuk mengukur tapi laju bunyi dan lama waktu yang diperlukan bunyi untuk pulang pergi

  11. makasih ya untuk keterangannya tentang bunyi..tadinya saya bingung nama bunyi yang frekuensinya 20-20.000 Hz. sekarang saya jadi taudan membantu saya dalam mengajar anak anak didik saya di kelas 4 sd

  12. manfaat energi bunyi ithu apha sehh ???
    jawabb !!
    sekarangg !!
    GPL !!
    g pny TUGASS neggh !!!!

  13. apa sich manfaat dari gema ? sukron

  14. Mo n4nya kalau manfaat dar! Gema apa???

  15. Gemana sich… Manfaat dari gema krg lengkap… Please dech lengkapin.

  16. mw nanya nie……………….

    pa sich yg di mksud dngan,kaitan antara kuat bunyi dengan amplitudo bunyi???????????

    Kuat lemahnya suatu bunyi bergantung pada amplitudo bunyi, contoh A disuarakan dengan mulut beda dengan A disuarakan dengan menggunakan mikrofon. Pada mikrofon terdengar lebih keras karena amplitudonya lebih besar

  17. sifat bunyi dengan karakteristik bunyi sama ga?

  18. tolong dong…dilengkapi contoh manfaatnya, soalnya ada tugas sekolah yang minta manfaat gelombang bunyi dan cahaya

  19. trimakasih banyak,, artikkelnya sangat membantu tugas skolah saya,,
    smoga tulisannya makin bagus dan bemotivasi
    skali lagi thx

  20. toloNg DuMd !!!
    HuKuM BuNyi NeWtoN K 2 N’ 3???
    PLiZ?…

  21. uda lengkap tuch,
    tp manfaat gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari ko’ g ada yach?

    • Handphone?

  22. wahhhh…. ne manfaat gel. bunyiny mna?????

  23. kk…

    kok gag ad penjelasan tentang warna bunyi,,,
    difraksi bunyi….

    tolong y kk…..

    maaf mas, karena blog ini lebih dikhususkan untuk pelajaran smp, mungkin lain kali akan kami lebih luaskan

  24. Knpa penjelasan manfaat gelombang bunyi kurang jelas. .

  25. kok gak komplit ya,gak da manfaat glombang bunyi ya

  26. k,
    mw tX…..
    ttng pemanfaatan glmbng bunyi…
    dlm khdpan sehari – hari mlpti bdng Industri, Kedokteran dll…..
    tw gk??????

  27. Tau gak Prediksi Unas Fisika 20010 SMP?

  28. kalo manfaat bunyi kentut apa donk?

  29. k
    ada gak yang pemanatan dalam kimai

  30. apa hubungan nada dengan frekuensi ya???tlg dijawab karena saya masih belum mengerti

    • Nada merupakan gabungan beberapa frekuensi yang teratur (enak didengar) artinya hanya frekuensi yang teratur saja yangbisa membentuk nada. Nada dipengaruhi oleh frekuensi

  31. Haaa .. Mna mnfaaat gema’a .. Msa gak da ??

  32. kok rumus2 x cma sdkt gmna nich owe z…….. materi x jga krng ni bro

  33. bagus banget…
    tambahin yg lebih banyak..
    link nya di post d facebook punya saya gak apa2 kan?

  34. bagus banget..
    tambahin lebih banyak ya…
    link nya saya post di facebook ga apa2 kan?

  35. HMMMMMMM,,,,,,,,,,,,
    maw nanya nch,,,,,,,
    apa sch manfaat dari bunyi pantul yang berupa gema??????????????????

  36. masak gaa ada pemanfaatannya sama skali…-_-

  37. kok ga da sft sft bnyi………..

  38. arti sifat tu pa sihhh……….

  39. kurang lengkap

  40. kurang lengkp sfat2 bunyi……….^_^…………

  41. alhamdulillah pemilik webb ini menolongku menjawab pertanyaan anakku yang besok ulangan fisika

  42. Blognya bagus, sangat membantu, teruskan!

  43. aku ingin buat seruling spongebob kalau cuaca berangin.gimana ya membuat patungnya dan rumus bunyinya biar suaranya merdu?

  44. aku ingin buat seruling spongebob kalau cuaca berangin.gimana ya membuat patungnya dan rumus bunyinya biar suaranya merdu? ‘_’

  45. mw nax ap sich manfaat gel.bunyi dlm bidang medis???

  46. apa saja yang ternasuk gelombang bunyi

  47. kenapa pembesar suara menjadi bergema…sy nk selesaikan aduan gema dalam masjid….tq

  48. bunyi lebih baik merambat melalui zat padat, cair, atau gas?

    • pada zat padat

  49. k manfaat pemantulan bunyi mn yaah koq kagak ada zih ????

  50. manfaat dari gema itu apa sih.??

  51. hahahahha

  52. Blognya cukup mmbantu saya dlam mnjelaskan pelajaran tentang bunyi bagi siswa2 saya. Trm ksh. Ayo berbuat yang terbaik…

  53. wah trims y, membantu wat sya yang maw ulangan,,..
    BTW soal soal nya dimna nich?!

  54. Tolong jelaskan apa yg di maksud sifat-sifat gelombang bunyi donk!!!

  55. kk ko sedikit sii tentang bunyi

    tuliskan hubungan antara cepat rambat bunyi, jarak, dan waktu

  56. makasiih ya kk atas info nya,
    ni PR jdi siap dech……

    : )

  57. TOLONG tampilkan nama alat yang menggunakan bunyi ultrasonik, ya.

  58. Apha mnfaat gema? & atda gag rumuz ttg gema? Log atda kch tw iaa?!!:) scpetx.. Hehe

  59. ka aku ada pertanyaan
    jelaskan apa manfaat bunyi ultrasonik bagi kehidupan sehari hari
    kalo bisa di jawab sekarang ya ka.. terimakasih/

  60. gAK jELAS ARti NYa..?

  61. materi nyaa gx cukup…
    and dpat membuat pembaca saket otak

  62. yah sayang kurang lengkap!

  63. kok pengaplikasian gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari kurang lengkap ?
    banyakin yaa?

  64. terimakasih banyak!

  65. mau nanya contoh bunyi pantul memperkuat ,gaung ,dan gema pada gua jatijajar
    trims

  66. “menentukan jrk pswt dri rdar” trmsuk pmanfaatan bunyi gak si?

  67. it msh sdkit,,
    Bsa d bnyakinkh???

  68. :::::::::::terimah kasi atas penjelasannya sedikit:::::::::

  69. mau tanya nih apa ya kira-kira jawaban dari soal , peristiwa ikut bergetarnya benda oleh getaran benda lain , disebut ?

  70. thank. yah bwat informasinya

  71. gelombang ultrasonic memiliki kelebihan apa ya sob ?

  72. Manfaat gelombang bunyi dalam kehidupan manusia di semua bidang gk ada.

  73. apasih manfaat bunyi dalam sains dan teknologi itu?

  74. apasih kelebihan bunyi ultrasonic???????????

  75. apa manfaat bunyi dalam kehidupan sehari-hari?

  76. mau nanya dong,manfaat gema itu apa aja?:)

  77. asal penemuan rumus (v = v0 + 0,6.t) itu dari nama?
    belom komplet kan!

  78. waw keren


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: