Oleh: alljabbar | Maret 5, 2008

ZAT DAN WUJUDNYA

ZAT

Zat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Maksud dari menempati ruang disini adalah memiliki volume. Zat secara umum dibagi menjadi tiga antara lain zat padat, zat gas dan zat cair. Tetapi karena didunianya ini sebenarnya pembagian tersebut tidak cukup untuk menggolongkan macam-macam zat. Pembahasan selanjutnya akan dibahas lebih detail pada pelajaran kimia. Pelajaran kimia sendiri akan dibahas di kelas 10 sampai dengan kelas 13

Zat Padat

Benda dikatakan termasuk zat padat bila memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Jarak antar partikelnya sangat rapat
  • Gaya tarik antar partikelnya sangat kuat
  • Bentuknya tetap
  • Volumenya tetap

Karena gaya tarik antar partikel pada zat padat sangat kuat maka bentuk zat padat cenderung tetap bila tidak ada gaya atau reaksinya yang mempengaruhinya. Contoh zat padat adalah batu, kayu, besi dll.

Z at Cair

Ciri-ciri zat cair adalah sebagai berikut :

  • Jarak antar partikelnya agak renggang
  • Gaya tarik antar partikelnya agak kuat
  • Volumenya tetap
  • Bentuknya berubah

Gaya tarik antar partikel zat cair agak kuat artinya lebih lemah dibanding dengan gaya tarik pada partikel zat padat. Agak lemahnya gaya tarik ini mengakibatkan bentuk zat cair dapat berubah-ubah sesuai dengan tempatnya (wadahnya).

Zat Gas

Zat gas mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  • Jarak antar partikelnya sangat renggang
  • Gaya tarik antar partikelnya sangat lemah
  • Volumenya berubah
  • Bentuknya berubah

Lemahnya gaya tarik menarik antar partikel pada zat gas menyababkan bentuk dan volume zat gas selalu berubah sesuai dengan ruang yang ditempatinya. Yang menjadi ciri khas suatu zat sehinggaa dapat membedakan dari satu zat dengan zat lain adalah massa jenis.

MASSA JENIS

Massa jenis adalah perbandingan antara besarnya massa suatu zat dengan volume zat tersebut. Setiap zat mempunyai massa jenis yang berbeda-beda. Massa jenis zat tidak dipengaruhi oleh bentuk benda. Walaupun bentuk benda berbeda-beda selama terbuat dari jenis bahan yang sama maka massa jenis zat tersebut adalah sama. Kadang-kadang massa jenis juga disebut dengan rapat massa.

Untuk menentukan besar massa jenis suatu zat dipergunakan persamaan sebagai berikut :

Rumus massa jenis

Gaya Kohesi dan Adhesi

Gaya kohesi adalah gaya tarik menarik antar partikel yang sejenis, sebagai contoh partikel raksa dengan partikel raksa, partikel air dengan partikel air, dll.

Gaya adhesi adalah gaya tarik menarik antar partikel yang tak sejenis, sebagai contoh gaya tarik menarik antar partikel kapur dengan partikel papan tulis, partikel tinta dengan partikel kertas, dll.

Kapilaritas

Adalah peristiwa merembesnya zat cair melalui celah-celah kecil. Kapilaritas disebabkan karena adanya gaya Adhesi antaraa partikel zat cair dengan partikel zat yang lain.

Contoh kapilaritas adalah naiknya minyak pada sumbu kompor,  basahnya baju ketika dicuci, dan lain-lain.

Apabila raksa dimasukkan kedalam pipa kapiler maka raksa yang ada pada pipa yang lebih besar akan lebih tinggi dari pada pipa yang lebih kecil, ini disebabkan karena gaya kohesi raksa lebih besar dari pada gaya adhesi raksa dengan partikel pipa kapiler. Sedangkan apabila air dimasukkan kedalam pipa kapiler maka air yang berada pada pipa yang lebih besar akan lebih rendah dari pada pada pipa yang lebih kecil, hal ini disebabkan karena gaya adhesi partikel air dengan partikel pipa kapiler lebih besar dari pada gaya kohesinya. Peristiwa yang terjadi pada raksa tersebut disebut dengan miniskus cembung, dan yang terjadi pada air disebut dengan miniskus cekung.

About these ads

Responses

  1. wujud ga ada!!!!!
    mana wujudnyaaaaaaaa…….!#@!#$#@!23

    • bgus

  2. kok tidak ada penyediaan dalam bahasa inggris sih????
    Untuk sementara penulis hanya bisa dalam bentuk bahasa indonesia, tapi sebentar lagi akan kami inggriskan

  3. ok, its very good.,.,. im realy you now

  4. and im realy. i like it because it’s very good you know

  5. Salam science..
    Bpk/ibu..sy membuthkan bantuan,untk rumus menghitung bobot suatu benda padat.benda tersebut adalah pipa besi jenis pipa staal. Yg saya dapatkan selama ini rumus bobot pipa(kg)=diameter(mm) – tebal(mm) X 0.025045 X pjg (m) X tebal(mm). Apakah sesuai dgn rumus yg bpk/ibu dapatkan?.klo tdk sesuai,tolong kirimkan ke E-mail saya rumus bobot pipa yg benar.dan saya jg masih bingung bgmna mencari rumus tebal pipa,jika bobot pipa sudah diketahui. Terima kasih atas perhatianya..
    :: hilmanhazmy@yahoo.com
    Makasih, menurut saya akan mudah bila kita sudah tahu massa jenis pipa yang akan kita hitung bobotnya. Bila sudah tahu coba masukkan kedalam rumus massa jenis digabungkan dengan berat. Rumus ini juga nanti bisa digunakan untuk menghitung bobot apa bila diketahui volumenya

  6. you were very clever enought………………………………………………………………………………………

  7. koQ, zat dan wujudnya mateRinya cuma itu siHH tambaIn donGGg,,,

  8. Bagus bgt ych
    he. .
    Qt bsa nmbah pngetahuan nich

  9. Kenapa kalau kohesi> Adhesi ,air pada pipa kapiler(Pipa yg paling kecil) selalu lebih rendah??? Contohnya raksa yg kohesinya besar, air pada pipa kapiler malah lebihrendah.

    Dan sebaliknya(jika a> K)
    Tolong dikirimkan jawaban secepatnya ke alamat e-mail saya d StreetZz_Boyz@yahoo.com

    Thanx
    GBU

  10. menurut saya perubahan zat yang terjadi pada gas ini terjadi karena partikel partikel sangat renggang gaya tariknya…… tapi yang saya tanyakan adalah
    BAGAIMANA PROSES TERJADINYA PERUBAHAN VOLUME PADA GAS?

    volume juga bergantung pada gaya tarik partikelnya, kalau gaya tariknya kecil maka partikelnya akan mengembang, ini menyebabkab volumenya bertambah

  11. sy pernah nonton film fiksi ilmiah ato apalah, yg menyatakan bahwasannya selain zat yg tiga itu (padat, cair, dan gas) ada satu jenis lagi yaitu plasma.

    komentar anda?

    nanti kalau udah SMA zat itu dibagi2 menjadi banyak lagi

  12. rumus nya mna..
    kog 9ga ada sii

    • YE RUA RA :(

  13. Besok kalau bisa tambahin pengetahuan tentang definisi partikel n energi, jadi pengetahuan kita tentang hal yang kecil2 bisa lebih lengkap, OK!!

    Kalau bisa tentang akselerator partikel sekalian…

    thanks

  14. selain zat padat,cairdan gas ada gak lg zat yg lain.
    krim k email saya y
    irhamrasta@ymail.com

    • ada mas coba sampean lihat pelajaran kimia sma

  15. Kok ndak adaa rumusnya senyawa

    • iia mikir wee sendiri, jgn ngandel_in drie google smw’y .. da google uga cape mikir,,…
      hehhehehe … :P

  16. thank you for your explanation express

  17. tengs bgd yaa.. jadi cepet kelar tugasnya..
    materi SMA nya dong tambahinn.. :)

  18. bisa tambah ilmu nih mumpung mau UTS nih Q harus belajar tentang fisika yang Q gak pernah bisa nyambung-nyambung tambahin donk infonya jangan itu-itu terus

  19. wah….!!!!!!
    pengetahuan siiiiippppp lah………!!!!!!
    tp,rumusnya mana…..???????????

  20. keren..
    tapi kepanjangan…
    bisa gak disingkat lg.. biar gak pusing bacanya..
    terima kasih…

  21. thanks banget yea dah mbantu nyelesein tugas,,,,

  22. wew, sangat bermanfaat

  23. mana rumusnya
    walawala

  24. ha. . .ha. . .ha. . .
    bagus. . .bagus. . .bagus. . .
    tingkatkan. . .

  25. koq gya trapung, mlayang, nd tenggelamnya gag ad sich?????

  26. maaf..mau tanya…saya ada pr>>>apa alasannya antara air panas dan air dingin jika di masukan freeser lebih cepat membeku air panas……mohon bantuannya…makasih

  27. by one maen pb bung

  28. EHH ergh plasma & bose einsteinnya mana?

  29. tlong tampilin gambar zat” partikel,klz 7 smp.
    byar tambah lengkap keterangannya juga ditampilin

  30. sangat bermanfaat bwt ujian bsk. tq kk

  31. Sebenernya Zat terbagi menjadi Berapa sihh???

  32. Sekarang, pembagian zat telah menjadi 5 macam, tidak lagi hanya tiga. Meliputi tiga tersebut ditambah plasma dan Bose-Einsten Condentation.

    • Ohhh

  33. lumayan bagus tuh,terusin

  34. ndang belajar yang rajin

  35. Now.. i’am understand for that,,,

  36. ooh.. buleud..!

  37. bisa jelaskan tentang plasma?karena saya membaca dlm bbrp referensi bahwa ada 4 bentuk zat, salah satunya plasma.bahkan ada yg menyebut 5 bentuk, ditambah dengan bose-einstein condensate

  38. now i’m,,so a good boy thanks for your web

  39. Kok gak ada “Tegangan Permukaan” sihh…,? Ada PR sama tugas cari artikel tentang itu,,,!!

  40. lumayan,nambah pundi2 peer…. hehehe….

  41. tanks y
    sekarank w nambah ngrti tentang zat

  42. contoh zat padat dan zat gas kok tdk ada

    • maaf contoh zat cair dan gas maksud sy

      • visika in sanat membantu

  43. wachh,, lengkp bngettz.. asyik bwt belajar,, mkcih ya…

  44. bagus sekali…………………………………………../

  45. sekarang mengenai meniskus cembung ialah disebabkan karena gaya kohesi lebih kuat daripada gaya adhesi . contoh tabung yg diisi air, maka permukaannya cembung
    meniskus cekung adalah disebabkn karena gaya adhesinya lebih kuat daripada gaya kohesinya. contoh tabung yg diisi minyak goreng dan diisi air maka permukaanya jadi cekung.

    always thanks…..

  46. HUWWWWWWW……..

    ipa Fisika amp’zz

  47. makasih kk

  48. MAK POSANG RIA MAK TADEK RUMUSSA BEREMMA MAK SOTTA :)

  49. [...] https://alljabbar.wordpress.com/2008/03/05/zat-dan-wujudnya/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. [...]

  50. mna rumus nxa…???

  51. Pengertiannya krang!!! Dibagian zat2 gitu deh………-_-

  52. bagus deh sifat-sifat zat padat, cair,dan gas

  53. thanks yea bwt sifat-sifat.aa…….
    krang aq dahh ngerti niie…. ;)

  54. wah jd gampang ngejawab soal fisika
    thanks banget…

  55. bgus tp….

  56. Thanks for your understanding

  57. keren nih, thanks yah :)

  58. cuma itu ja

  59. PUAS! TUGAS FISIKA BERES DEH.. HAHA! THANKS YAAA UDAH MOSTING ‘ZAT DAN WUJUDNYA’ JADI NGERTI DEEH

  60. Masih kurang penjelasanya:(


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: