Oleh: alljabbar | Februari 4, 2013

Apakah besaran harus bersatuan?

Bagi anda yang membaca hanya sekilas tentang bab besaran maka anda tidak akan menemukan permasalahan apapun tentang bab besaran, tetapi jika anda membaca dengan mendalam ternyata ada beberapa masalah yang muncul.

Jika kita melihat kembali definisi umum dari besaran yaitu segala sesuatu yang dapat diukur atau dihitung, dinyatakan dengan angka dan mempunyai satuan. Berdasar definisi ini terkadang dibuku dijelaskan bahwa syarat sesuatu bisa disebut besaran adalah dapat diukur/dihitung, dapat dinyatakan dengan angka dan mempunyai satuan. Perhatikan syarat terakhir ini, anda harus berhati-hati dengan syarat terakhir ini karena ternyata tidak semua besaran harus bersatuan..

Anda ingin tahu apa saja itu?.. Mungkin anda tidak asing dengan koefisien gaya gesek, koefisien merupakan besaran karena dia dapat diukur dan dinyatakan dengan angka dan dia termasuk besaran tetapi dia tidak bersatuan. Besaran lain yang tidak bersatuan adalah indeks bias, keuntungan mekanis, perbesaran dll.

Kesimpulannya tidak semua besaran mempunyai satuan atau besaran tidak harus bersatuan.


Responses

  1. Namanya juga index, koefisien dan perbesaran jadi merupakan perbandingan besaran yang sama. Tentu saja punya satuan misal Newton/Newton, Watt/Watt. Hanya saja semuanya bernilai 1 (satu) jadi bisa dihilangkan atau tidak ditulis.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: