Oleh: alljabbar | April 6, 2008

HUKUM KIRCHOFF 1

Di pertengahan abad 19 Gustav Robert Kirchoff (1824 – 1887) menemukan cara untuk menentukan arus listrik pada rangkaian bercabang yang kemudian di kenal dengan Hukum Kirchoff. Hukum ini berbunyi “ Jumlah kuat arus yang masuk dalam titik percabangan sama dengan jumlah kuat arus yang keluar dari titik percabangan”. Yang kemudian di kenal sebagai hukum Kirchoff I. Secara matematis dinyatakan

Bila digambarkan dalam bentuk rangkaian bercabang maka akan diperoleh sebagai berikut::

Latihan Soal

Perhatikan gambar berikut! Hitunglah besar I3!

About these ads

Responses

  1. makasih telah berkunjung. Rumus itu sebenarnya dilarang untuk dihafalkan, tetap dianjurkan sering digunakan dan dipahami asal usulnya. Dengan begitu pemahaman fisika akan semakin mendalam

    • Bisa diterima argumentasi anda tetapi satu hal yang lebih penting adalah hafalan rumus yang lebih teoritis dan mendalam.
      thank’s

    • betul betul betul

  2. ya ampun, aku sama sekali gak inget sama soal ginian. coba meraba2 memory otak…? nyerah boss!

  3. Buat diazhandsome, makasih telah berkungjung. Sebenarnya rumus itu dilarang untuk dihafalkan tetapi sangat dianjurkan untuk sering digunakan dan dipahami asal usulnya dengan begitu pemahaman tentang fisika akan semakin mendalam

  4. Mas rizki yang imut, jangan nyerah dulu dong. Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan

  5. makasih ya mas, ini aku copy buat tugas fisika

  6. pusing aku kalu blajar fisika rieut loba teuing rumus ……..

  7. Jawaban nya 5 A, bukan Mas?

    • iya

  8. Assalamualaikum,
    Pak, boleh gak, soal2 dan rangkuman fisika nya saya copy?
    Buat belajar sendiri di rmh.
    Makasih.
    Wassalam.

  9. I will KICK your ashhole later
    napa marah2 mbak?…pa ada yang gak beres dengan saraf kamu?

  10. hukum ini harus bisa digunakan para siswa untuk mempraktekkannya dalam pelajaran di sekolah.

  11. oi,,,,,,,,,
    njenk kmpnk au nichm,,,,,,,,,

  12. Bagi ku di Dunia Ini ga ada yang susah, kalo kita ingin mendapatkan sesuatu kita harus berusaha!!. seperti halnya fisika bagiku fisika itu bukan pelajaran menakutkan bagiku melainkan pelajaran yg membosankan sekaligus menyenangkan. aku selalu mendapatkan ranking 1 di kelas, bukannya aku sombong!, tapi ini kenyataan!. dengan sering latihan setiap hari, jgn malu bertanya, jgn mudah menyerah dan selalu berdoa kepadaNya. pasti sukses!!!! dan kalo gagal jgn berputus asa dan berhenti mencoba karena KEGAGALAN SESUNGGUHNYA ADALAH PADA SAAT KITA BERHENTI MENCOBA!!! FISIKA!? SIAPAAAAA TAKUTTTTTT!!!???

  13. kimak

  14. amboi mak…… ustaz ak pnya ayat

  15. contohnya hukum kirchoff 1 dimana?

  16. hukum kitchof ini lumayan untuk dijadikan bahan pelajaran tapi kalau buat org yg g suka pisika hukum ini membuat nya menjadi gila

  17. 5 Ampere!!

    hahaha I love fisika

  18. Mas isi ya 5 bener kan. Dapat apa mas?

  19. wah, asik nih…
    jadi inget lagi ama bahan pelajaran dulu :)

  20. Aq suka banget ma fisika..

  21. tolong cari kan soal dan jawaban hukumkirchoff

  22. wah….. hukum kirchoff di namain dri nma penemu….

  23. adch aku gk tau soal2 fsika

  24. saudara, kalo suatu rangkaian rectifier namun hukum ohm dan kirchof tidak berjalan sebab arus keluar terlalu kecil, bagaimana solusinya ? terima kasih

  25. jawabanya apakah 5 ?

    karena I=I1+I2+I3

  26. hukum kirchoff banyak membantu nih di mata kuliahku..
    khususnya rangkaian listrik..

    6 http://bahanelektro.com/
    1. http://ftunand.ac.id/

  27. 5 A…
    10 = 2+3+i3
    maka jawabanya 5 A

  28. Jawabnya 5
    karena 10=2+3+i3
    maka i3=5

  29. Bisa ngajarin analisa Mesh ama analisa Node sekalian ngga, Mas?
    Hehe…

  30. elle…
    fisika cuma bikin w jd ngantuk…!!!

    huaaaaaa………

  31. ra mudeng

  32. okoe

  33. jawaban 5,

  34. tolong Rinciin Secara tepat Dari contoh Soal Di Atas… Pelu Buat Tugas Kuliah Neh..
    makasih. :D

  35. hukum kirchof mudah dan gampang dipelajari lho

  36. kren

  37. gk ngarti q

  38. pendek benar…………

  39. Reblogged this on Nurseto Dwi Nugroho.

  40. ayam dont like

    • bingung cara menjawabnya.. :(

  41. waaach qw ndk ngerti sama skali mazlah kyk gnii
    ……

  42. gambarnya rumus kagak ada gan… image not found … klo bisa segera perbaiki gan…

  43. so thanks banget….tugas fisika qu selesai …juga ..thanks for your information


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: