Oleh: alljabbar | April 6, 2008

KEMAGNETAN

Bisakah kita hidup tanpa magnet, jawabnya tidak karena sebagian besar semua alat  yang kita gunakan juga menggunakan magnet.

Untuk lebih paham tentang magnet, mari kita pelajari materi berikut ini.

PENGGOLONGAN BENDA BERDASARKAN SIFAT MAGNETNYA.

Berdasarkan sifat magnetnya benda dibagi menjadi 2 macam yaitu ferromagnetik (benda yang dapat diterik kuat oleh magnet), parramagnetik (denda yang dapat ditarik magnet dengan lemah) dan diamagnetik (benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet).
Contoh ferromagnetik adalah besi, baja, nikel dan kobalt.
Contoh parramagnetik adalah platina dan aluminium.
Contoh diamagnetik adalah seng, dan  bismut.

Setiap magnet mempunyai sifat (ciri) sebagai berikut :
(1) dapat menarik benda logam tertentu.
(2) gaya tarik terbesar berada di kutubnya.
(3) selalu menunjukkan arah utara dan selatan bila digantung bebas.
(4) memiliki dua kutub.
(5) tarik menarik bila tak sejenis.
(6) tolak menolak bila sejenis.

CARA MEMBUAT MAGNET

Untuk membuat magnet dapat dilakukan dengan menggunakan 3 cara yaitu penggosokan, mengaliri dengan arus, dan cara induksi.
Saat membuat magnet dengan cara menggosok maka hal yang perlu diperhatikan adalah penggosokan harus searah (teratur) tidak boleh bolak-balik.
Perhatikan gambar di bawah ini

Untuk cara Induksi dapat ditunjukkan seperti gambar dibawah ini

Magnet dapat menarik benda logam tertentu karena susunan magnet elementer didalam magnet itu tersusun teratur. Bila kita bisa membuat susunan magnet elementer teratur maka kita bisa membuat magnet.

Hal penting yang  harus kita bahami adalah sebagian besar orang berfikir bahwa cara membuat magnet ini menentukan sifat kemagnetan suatu benda. Orang selalu berfikir bahwa jika magnet dibuat dengan cara menggosok maka akan diperoleh magnet permanen dan jika diperoleh dengan cara elektromagnetik maka akan diperoleh magnet sementara. Anggapan ini adalah keliru bukan salah, kenapa bisa seperti itu? karena orang tidak melihat bahan apa yang digunakan. Jika baja dibuat magnet dengan caradigosok akan diperoleh magnet permanen tetapi jika besi yang digosok maka akan diperoleh magnet sementara. Kebanyakan ketika orang membuat magnet dengan cara menggosok selalu menggunakan baja, inilah mengapa muncul anggapan bahwa menggosok dapat membuat magnet bersifat permanen.

Kasus yang lain adalah elektromagnetik, jika kita amati elektromagnetik manapun akan menggunakan inti besi lunak (besi) bukan baja, karena inti besi yang digunakan maka elektromagnetik menghasilkan magnet sementara. Tetapi coba anda pikir apabila intinya diganti dengan baja, apa yang akan terjadi? yang pasti baja akan menjadi magnet permanen sehingga elektromagnetik tidak dapat dimanfaatkan.

Dari penjelasan kasus diatas dapat kita simpulkan bahwa sifat permanen dan sifat sementara suatu magnet tidak di pengaruhi oleh cara membuat tetapi dipegaruhi oleh bahan yang digunakan. Dengan cara apapun jika bahan yang digunakan baja maka magnet yang dihasilkan akan bersifat permanen.

TEORI KEMAGNETAN BUMI

Teori ini sangat rumit untuk dijelaskan, sebaiknya kita harus bisa membedakan dulu antara gravitasi bumi dengan magnet bumi. Kita dapat berdiri di atas muka bumi bukan karena bumi bersifat magnet, kenapa bisa begitu? karena sesuai dengan definisi magnet adalah bahan yang bisa menarik benda magnetik sedangkan kita bukanlah bahan magnetik.

Lalu apa yang membuat kita bisa berdiri diatas bumi? jawabnya karena bumi mempunyai gravitasi yaitu kekuatan untuk menarik semua benda yang ada disekitarnya tidak perduli itu benda magnetik atau bukan. Gravitasi bumi ditimbulkan karena bumi mempunyai massa, semakin besar massa maka semakin besar gravitasinya (ini semua sesuai dengan hukum Newton dan teori relativitas). Sedangkan sifat kemagnetan bumi ditimbulkan karena bumi berotasi dan berevolusi (ini pendapat saya) jadi jika bumi tidak lagi berotasi maka sifat kemagnetannya lama – lama akan hilang. Mulai dari sekarang supaya pembahasan bab kemagnetan tidak membuat bingung maka kita harus membedakan antara gravitasi bumi dengan magnet bumi.

Kutub utara magnet bumi berada di sekitar kutub selatan bumi, sedangkan kutub selatan magnet bumi berada disekitar kutub utara bumi. Antara kutub utara magnet bumi dengan kutub selatan bumi tidak berimpit, ini juga terjadi pada kutub selatan magnet bumi. Akibat hal tersebut maka bila kita melihat kompas menunjukka arah selatan ini berarti tidak menunjukkan persis arah selatan tetapi mengalami penyimpangan sedikit dari kutub selatan bumi. Penyimpangan ini membentuk sudut yang disebut dengan sudut deklinasi.

Apabila kita membawa kompas dari katulistiwa menuju kutub bumi maka kompas itu akan condong ke bawah atau ke atas. Kecondongan ini karena tertatik oleh kutub magnet bumi. Sudut yang dibentuk dari kecondongan kompas terhadap arah horisontal disebut dengan sudut inklinasi.

About these ads

Responses

  1. penjelasan sifat2 mgnet terlalu simple

  2. teori magnet elementer

  3. materinya kurang banyak cpt tambahin donkkk…….

    • huuuffffftttt,materi’a sedikit bgt

  4. Mas kasih tau saya tentang magnet dalam tv,laptop,kulkas,ac,magic com,mesin cuci donk.Bls skrg ?

  5. bisa yang lebih lemgkap ga???

  6. TOLOONG berikan materi yang banyaak buat makalh sekolah Atau tugass kelompok sekolah…………………..^_^ tolong yah

  7. kok cm sgt sh…kykny krg bnyk th…by ida.mts al-mas’udiyah

  8. materinya kurang banyak,tolong perbanyak materinya agar menjadi suatu ringkasan yg lengkap..thx

  9. materiinya krg lengkapp niih . !? klu cumand sgtu dd bku bnykk x .mas . .

  10. tlg d lnkpn donk mtri nx kn km sngt mmrlkn mtri tntg magnet!!!!!

  11. tooooooooooooolong dong kasih tau materi yang magnet yang kuat agar

  12. klw diLengkapin lg enak kali yha,,jadi gak 2-3 kali carI

  13. ada lagi gak Pak ?

    artikel tentang kemagnetan ??

    Trims..

  14. artikel ini sangat menarik.. sebanarnya ada yang ingin saya tanyakan tentang magnet ialah di antara dua kutub magnet yg manakah yg cenderung menarik lebih kuat?.. dan terimakasih banyak atas artikelnya sayaa menunggu jawaban dari anda..

    kebanyakan orang akan berfikir bahwa kekuatan kutub magnet itu sama, tapi menurut saya kutub yang benar-benar mempunyai kekuatan magnet adalah kutup utara bukan selatan. Tapi semua ini belum bisa diteliti secara ilmiah. hanya pendapat saja

  15. HHHHuuuuufffftttttt……

    Kurang Lengkap……

    Niee……

    Tapi……

    Thanks Yaaaahhhh…….

  16. apakah magnet bza menghilangkan skit migran,,,???

    thx,,,

  17. apa bahan pembuat pita kaset

  18. kurang banyak tuh. . . .

    tambah duuunkkk. . .

  19. apakah yang terjadi jika didunia ini tdk ada yg namnya mgnet?????

  20. kur4ng lengk4p n1h

  21. BAgossssssssssssssssssss blognya n isinya(krang lngkap)

  22. ada gak ya yang lebih lengkap soal kemagnetan .pokoknya soal kemagnetan dehhhh ok

  23. Iya nich..krang lengkap..ne qu ge cri tntng bunyi hukum kemagnetan..tpi g’ ad..low ad tdi mngkn,cra bljr qu..lbh..sntai x ia.

    • cari hukum lorantz aja,kan hukum tersebut membahas tentang kemagnetan

  24. KrANG LNGkP Nech….. Apalgi about pembGian Deklinasi N inklinasi….. isi na jga ama Yg dibuku aQ………… Pleace dunk ad Tmbh in te0ri ne ttng Kemagnetan bumi,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Bete nech!!!!!!!!!!!!!!!

  25. mengapa jarum kompas selalu menunjukan arah utara dan selatan?

  26. filla21@plasacom

  27. gak lengkap

  28. di perjelas donk

  29. agon it apa ?

  30. aku tidak mengerti……

  31. kok ngak ada conto soal nya
    itu kan yang paling penting?

  32. baguuuuuussssssssssssss

  33. lengkapilah boss biar materinya bgus gua lgi butuh soalnya dhha tugas pleace to tugas gue oke brong ……ccccc

  34. mo tny konsep kemagnetan dan pemanfaatan magnet tuh gmn??

  35. lebih jlz lg donk qw msh agak ng’ mudeng

  36. qw msh ng’ jlz dng keterangannya

  37. kurang lengkap…..

  38. kurang lengkap

  39. sangat membantu :) terimakasih udah nge-post ini :)

  40. Makasih atas informasinya ^_^

  41. makasi atas infonya,
    kalo bisa artikelnya di perbanyak. kan sekalian memperbanyak ilmu dan pahala pastinya

    follow me @TiaraLAHakim

  42. di dalamnya kurang yaitu : hukum kemagnetannya tidak ada …

  43. di dalamnya tidak ada hukum kemagnetannya,, tambahin donk

  44. seep lmyan bagus……….???

  45. Kurang lengkap tuh mas materinya
    tlng lngkpin .

  46. teorinya terlalu sngkat .jdinya krang jlas.tpie mkasih bwt pngenalan dsar tntang mgnenya.

  47. …mza cC ‘??????
    eya seh aq jg gtu, tu krang lngkap,,,,,tLng dlngkapin dnx

  48. …mza cC ‘??????
    eya seh aq rasa jg gtu, tu krang lngkap,,,,,tLng dlngkapin dnx !!!!!!!!!

  49. bagus , tpi kurang lengkap :)

  50. terimakasih… cukup jelas… smoga bermanfaat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: