Oleh: alljabbar | Maret 5, 2008

BESARAN DAN SATUAN

Pengertian Besaran

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur atau dihitung, dinyatakan dengan angka dan mempunyai satuan.
Dari pengertian ini dapat diartikan bahwa sesuatu itu dapat dikatakan sebagai besaran harus mempunyai 3 syarat yaitu

  1. dapat diukur atau dihitung
  2. dapat dinyatakan dengan angka-angka atau mempunyai nilai
  3. mempunyai satuan

Bila ada satu saja dari syarat tersebut diatas tidak dipenuhi maka sesuatu itu tidak dapat dikatakan sebagai besaran.

Besaran berdasarkan cara memperolehnya dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu :

  1. Besaran Fisika yaitu besaran yang diperoleh dari pengukuran. Karena diperoleh dari pengukuran maka harus ada alat ukurnya. Sebagai contoh adalah massa. Massa merupakan besaran fisika karena massa dapat diukur dengan menggunakan neraca.
  2. Besaran non Fisika yaitu besaran yang diperoleh dari penghitungan. Dalam hal ini tidak diperlukan alat ukur tetapi alat hitung sebagai misal kalkulator. Contoh besaran non fisika adalah Jumlah.

Besaran Fisika sendiri dibagi menjadi 2

  1. Besaran Pokok adalah besaran yang ditentukan lebih dulu berdasarkan kesepatan para ahli fisika. Besaran pokok yang paling umum ada 7 macam yaitu Panjang (m), Massa (kg), Waktu (s), Suhu (K), Kuat Arus Listrik (A), Intensitas Cahaya (cd), dan Jumlah Zat (mol). Besaran pokok mempunyai ciri khusus antara lain diperoleh dari pengukuran langsung, mempunyai satu satuan (tidak satuan ganda), dan ditetapkan terlebih dahulu.
  2. Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Besaran ini ada banyak macamnya sebagai contoh gaya (N) diturunkan dari besaran pokok massa, panjang dan waktu. Volume (meter kubik) diturunkan dari besaran pokok panjang, dan lain-lain. Besaran turunan mempunyai ciri khusus antara lain : diperoleh dari pengukuran langsung dan tidak langsung, mempunyai satuan lebih dari satu dan diturunkan dari besaran pokok.

Saat membahas bab Besaran dan Satuan maka kita tidak akan lepas dari satu kegiatan yaitu pengukuran. Pengukuran merupakan kegiatan membandingkan suatu besaran dengan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan.

Pengertian Satuan

Satuan didefinisikan sebagai pembanding dalam suatu pengukuran besaran. Setiap besaran mempunyai satuan masing-masing, tidak mungkin dalam 2 besaran yang berbeda mempunyai satuan yang sama. Apa bila ada dua besaran berbeda kemudian mempunyai satuan sama maka besaran itu pada hakekatnya adalah sama. Sebagai contoh Gaya (F) mempunyai satuan Newton dan Berat (w) mempunyai satuan Newton. Besaran ini kelihatannya berbeda tetapi sesungguhnya besaran ini sama yaitu besaran turunan gaya. Untuk melihat berbagai rumus dalam bab besaran dan satuan silakan klik http://alljabbar.files.wordpress.com/2008/03/01-besaran-dan-satuan.pdf

Besaran berdasarkan arah dapat dibedakan menjadi 2 macam

  1. Besaran vektor adalah besaran yang mempunyai nilai dan arah sebagai contoh besaran kecepatan, percepatan dan lain-lain.
  2. Besaran sekalar adalah besaranyang mempunyai nilai saja sebagai contoh kelajuan, perlajuan dan lain-lain.
About these ads

Responses

  1. Bang aku save ya….
    Thanks… postingannya….
    silahkan main2 ke blogku….!!!!

  2. TULISAN INI SANGTA BAGUS

  3. kk mskin besaran turunan yg mempunnyai nama khusus donk ka’

  4. Thx iia

    d ambil dlu bwad tugas…

    • kurang komplit kali

    • iya bener tuh RT banget *jb

  5. wehehe lmyn bwt tugas skul ^()^

    thnx ya!

  6. wow! thanks bwat artikelnya! kebetulan, gua lagi nyari nih artikel bwat tugas adek gua. Sekali, thanks ya!

    honto ni arigatou gozaimashita!

  7. thx sarannya

  8. artikelnya bgus tapi gue lagi nyari yang kasus neh..

  9. kurang lengkap jeh

  10. Lengkapi dengan tabel-tabel coy

  11. MAKASIH BANYAK YAAAA!!!!!!!!!!!!!!!!
    isi’y LenGkap aBIzzzzzzzzzzzzzzzzz
    TOP DECH

  12. Makasie bwanget temand artikel mu ini sanat membantuku….
    (^_^)

  13. tampilin juga dong mengenai PENGUKURAN DASAR DAN KETIDAKPASTIAN DALAM PENGUKURAN

    • Tman” satuan itc apa sich??

      • pembanding dalam suatu pengukuran.

        klo salah sorry ya… !_!

  14. thank abizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz
    gra2 nie gue bisa ngerjain tugassssssssss
    skli lgi thankzzzzzzzzzzz
    mmmmmmmmmuaaaacccccchhhhhhhh…………

  15. saya mohon maaf terlanjur dwload tapi baru minta ijin. terimakasih sebelumnya.

  16. thanks yow… buat tulisannya. cz sy dah bisa buat tugas makalah

  17. udah bagus tpi kurang tambahan nya,,
    misalkan contoh2 besaran pokok n contoh2 besaran turunan.. tapi mkasih ya di ambil dulu.. buat tugas,,

  18. artikel tentang besaran dan satuan nya bagus,tapi low bisa ditambah contoh-contoh dan gambar2 ya.coz aku juga lagi perlu banget buat makalah adik

  19. artikelnya bagus.tapi biar lebih lengkap dan bagus lagi lw bisa dikasih contoh2 dan gambar2 yang lengkap dunk,coz ku lagi perlu buat makalah adik ne

  20. tolong carikan saya makalah fisika 100 lembar mengenai besaran dan satuan serta mengenai optik geometri……………………
    tolong cepat
    thanks………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  21. bgs bngett……. ustd

  22. Thx bwt yg ngBLo9 artikel neY!
    W nyari artikel bwt nyLesEin tgs dosen fiska!
    Tp satuan’y cantumin CGS’y dunK! JgN c0ma MKS’y doAnK!

    akan diusahakan, terimakasih atas sarannya

  23. wahai salah satu perubah dunia

    bolehkah saya mengopy artikel anda untuk saya masukkan di blog saya

  24. Lengkapi lagi dengan rumusnya Coy……..

  25. thx_b9t////

    buat ngeblok ini_tapi k0h 9 da satuannya y0h_///

    t3″p s3man9at 0k3eh_//

  26. suwun trims… saya jadikan referensi dalam ngajar sains di smp

  27. kuurang Lngkap dwehh kaiia.a ..

    cbba cntoh” na diiprbanyk ,..

    pii bgusLah ..,,

  28. wew keren mas..,, bkn lbh bnyk lg ya…,,
    saya lg sk fisika nih

  29. thank you….
    lumayan bwat artikel, makasi ya kak…..

  30. Maaf, sekalian nanya.

    1. Apa Besaran Turunan dari Panjang & Waktu?
    2. Apa Besaran Turunan dari Massa & Panjang?

    Sebenernya ada 2 pertanyaan lagi, tapi sudah terjawab dari artikel diatas, yaitu :

    1. Apa Besaran Turunan dari Panjang?
    2. Apa Besaran Turunan dari Massa, Panjang & Waktu?

    Artikelnya udah bagus, cuma saran kalau bisa di lengkapi lagi ya. Thx

  31. Tulisin besaran turunan yg ada satuan singkatan dan dimensi nya dong

  32. bagus jg nie…..
    klo nambah informasinya tambah lebih bagus tuh… ;0

  33. terimakasih atas pengetahuannya *_*

  34. Ini materi SMA atau SMP ya?

  35. ada Dimensi nya ga ?

  36. tolong ya bwt yg baca . . . . !
    tlng tuliskan asal-usul besaran dan satuan. . .
    msalnya :
    asal-usul panjang, massa, dll. . .
    yang lengkap ya. . .
    thanks

  37. pak,Bu,mas,mbak,,,,
    tlong ya,,carikan unsur2logam,non logam,dan metaloid . . .
    cntohnya :
    besi ; nama latinya ; simbol
    thanx yua. . .

  38. Ass,met pagi,siang,sore,malem,,,,,,
    Plissss,bngt buat cpa ja dech.
    plisss,jwb pertanyaan nich :
    gimana sich asal – usul besran pokok itu? q bngung dri td nyari itu ga ktemu-ktemu. Plisss bnget.secepatnya ya dibalas,soalnya itu tugas yg mau dikumpulin minggu ini.plissssssss. THANK’S BUANGEEEET.

  39. thx…….
    buat yng bikin bog ini w jd bisa ngrjain tugas w dhe tentng besaran nd satuan

  40. kalo bisa kasih tabel,…?! biar lbh jelazzzzzzzz,…….!!!!!

  41. thanks y yg puna web ni gara2 ada ini jd dapat nilai deh

  42. thanks y berkat situs ini w jadi tau

  43. woooooooy aku tau

  44. artikelnya bagus…..thx ya…

  45. aneh ga ad bes.turunannya

  46. MKSI YA BWT ARTKELNYA..
    BWT TGAS ADEK’Q. . .

  47. saya tidak suka fisika

  48. trims atas kerja samanya

  49. Thx Yea…
    Nie bergna bgt bwt smua

  50. UUUUUUUUUUAPIK, MENUNJANG CH SEKOLAH, HA, HA, HA….

  51. thank’s a lot 4 u’r blog so i can finished my job…arigato gon zaemasu’

  52. kuuuraaaaaanakkkkkkkkkkkkkkkk llllllllllllllleeeeeeeeeeeeennnnnnnngggggggggggggggkkkkkkkkaaaaaappp

  53. pngend yg lengkapp donkk, bsa yo..

  54. ok..

  55. bagussss bangettttttt

  56. makasih, buat tulisannya.bantu banget.

  57. crry ya tadina
    mau aku ambil
    tapi kenapa
    ga dibuat jadi
    tabel aja cih
    kan bacanyan
    jadi gampang tau
    sekarang lebih di
    permudah yang
    tabel dibandingkan
    tulisan semua
    kan orang bacanya males paling cuma baca judulnya doank truz udah deh tinggal di copy besok – besok kalo mau buat,buat yang tabel aja okayyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy……………………………………………………………………………………

    KOMENTAR TERLALU PANJANG

  58. wah bgus skali

  59. fisika mbuat aq jdi pintar

  60. thanx atas informasinya….
    semoga sy bz lulus ujian fisika karena bljr pngrtian besaran dan satuan ini…

  61. artiKelny kurang lengkap nich,,,,

  62. izin copy artikelnya.
    bwt tugas web
    terima kasih
    silahkan kunjungi blog saya

  63. Kch tau d0nK, , DEfinisi tentAng bsaran dari berbagai pakar.. Aq d surh cri smpK 100bh ne.. ThanKz.. Tlg y.

  64. Oce….. bangetttt dah ……

    fisika?yaaaai

  65. masa nggak ada tabel satuan dan dimensi sih?
    di lengkapin donk!

  66. bagoes kug artikelnya
    lebih ditingkatkan lage aja ,,,,

    • uey kamu tau jawaban satuan standar untuk besaran masa, suhu, dan waktu

  67. WORO-WORO
    Hai………………….!gue mnta pertolongan loe-loe semua bantu gue mncarikan info2 tentng peljaran FISIKA

  68. bagus banget artikelnya…

  69. artikelnya keren.. tpi kurang lengkap.. klo bsa di lengkapi lgi dengan tabel or contoh keyyyyyyyyyy

  70. hmmmm……

    i like it..!!! bisa buat nambah bahan lhaw ada tugas …!!!!
    thanks yach buat artikelnya n juga orangnya…

    wkwkwkwkwkwkwk :)

  71. bbbbbbbbbaaaaaaaaaaaagggggggggggguuuuuuuuuuuusssss

  72. thanks ya…..

  73. kalau bisa + tabel n contoh@ soal yang sering dihadapi di ujian n universitas,,key,,,

  74. thx ya……

    artikelx cukup mmbantu,,,, tp np gak dilengkapi dgn tabel aja?

  75. mas… ga papa yaa.. aku pake tulisanmoe….

  76. thx banget ….

  77. artikel nya cukup menarik

  78. Makasihh,,, aq jdi iza bkin PR dng mudah..!! ^_^

  79. kurang lengkap woy…………………..

  80. Tolong ceritakan apa sichh satuaN??

    • Satuan adalah pembanding dalam suatu besaran. contoh si A massanya 10 dan si B massanya 10, Jika ditanya mana massa yang lebih besar? maka kita tidak akan bisa menjawab tetapi semua akan mudah jika kita menambahkan satuan misalnya massa A 10 gram dan massa B 10 Kilogram. Inilah fungsi satuan yaitu digunakan sebagai pembanding

    • sesuatu yang digunakan dalam pembanding pengukuran

  81. apa saja contoh yang tidak termasuk besaran fisika

    Ya seperti sayang, cinta, sabar dan lain-lain semua itu bukan besaran

  82. Artikelnya lengkap ..
    Jadi gausah pusing” ngerjain tugas skola ..
    wkw :D ..
    Tambahin rumusnya duonk ..
    Thank you ..

  83. susah belajar fisika ne

  84. artikel nui sngt bntu bgt akhu

  85. thx e.a bwadh artiqel n.a tapy xayank n.a qurank lengqaph..,,

  86. “””””””””””””””””””””ih wou artikelnya krng komplit iwk mazak beda cih ????????????????????????????

  87. cukup bntu buat kwu u” ngerjain tugas ====

  88. Trims sngt mmbntu tgs saya,tlng infrmsinya dtmbh spy lbh jls & mnggunkn bhs inggris

  89. adakan lah game dalam dunia fisika ini !

  90. dalam cacatan ini aku bisa ketahui apa yg di maksud besaran dan satuan….

  91. tolong ya lebihhhhh lengkapppp!!!!!

  92. gan ane save yaa

  93. makasih………

    uda membantu bwt nerjain tgz…….

  94. makaasihhhh tugasq tuggas q terselesaikan

  95. mmm,,,
    singkatan satuan besaran nya ga da ea!!????

    kyaknya kurang lengkap dech..!!!

  96. situs ni bantuin gw buat cari informasi ,,,,,gw nggak susah lagi cari informasi tentang besaran fisika,,,,,,,,,,thanksssss…yah

  97. lumayan kok tapi harusnya semuanya ada sama contoh soal essay dan jawabannya pasti lebih bagus lagi,,,

  98. thanks broo atas infonya……….

  99. bagus uga V kurang lenkap

  100. thanks
    kren bgt nih wat referensi

  101. wah peajan fisika itu susah nya minta ampun…………………………………………apa lagi kimia nya.,.,.,.,.,

  102. la pembentukan dimensinya mana tadzz…..

    • huh akhirnya tugasnya selesai juga makasih ya yg menerbitkan situs ini

  103. wooowww kherent abis botz, tapi laen kali bikin yang buanyak ajja skalian, biar tambah mumet yang baca

  104. fika mnk ribet ea…tp untg web na q ktmu,jdi gk ssah2 aku ngrjain tgas fisika aku

    sekrg aku ska dech m PELAJARAN IPA FIKA
    thank”s ea
    ohy…lw mw brtman m q
    add j FACEBOOK q
    icha sllu comet

  105. kebetulan aku lg ada tugas ngrangkum…. eeh.. lg jalan2 di Internet ktmu ini….makasih banyak ya!!

  106. kurang, ga ada contoh besaran fisika sama besaran non fisika nya :) tapi lumayan . makasih oke :)

  107. thanks ya…
    di ambil dlu untk tugas……….

  108. wew

  109. pelajaran fisika itu asik,…

  110. thank’s guys isinya komplit,,,,……

  111. mksh,, tpi ogx gak ada pengertian lebih lanjut tentang besran vektor sich??? mungkin besok bisa diperbaiki lebih lanjut.

  112. materi fisika cukup lengkap…thanks infonya

  113. thanks for writenya

  114. Mohon juga buka blog saya…..tentang fisika..moga bermanfaat

  115. Mksiih , lmayan mmbntu :)

  116. krng lngkp……

  117. alhamdullilh……..aku jd ingt lagi dgn plajarn ku yg tlh lama gx q plajari.
    so,thanks bgt ea……………!!!!!!!!!!!!!!!!

  118. makasihh yaa kaks pelajaranya aq jadi pinter nih seep ……………….???

  119. Dari= http://www.bayujuara.blogspot.com
    Pertamax kaya cheat PB kaks

  120. maka xi informasinya

  121. kalo cari asal usul di tentukanya besran sperti berat ,, massa ,, dst gimana?

  122. hmmmm
    kurang lengap tuchhh

  123. Makasih banget Nh
    gue Bsa Ngerjain tugas Semester gue

    GRACIAS

    • pr fisika y..

    • tulis semua jenis satuan ,bearan dan konversi satua

  124. satuan SI nya mana , kok ga ada ??

  125. tanks ya.

  126. thank you fisika

  127. add rivan yuswendy,rivan uchiha,ivan shinobi cool. . . ya,…
    plis

  128. makatie wat bantuaannya iia……:)

  129. terima kasih banyak
    ini sangat berguna sekali

  130. artikelnya gag cib bgtz
    alias krg lgkap soalnya saya butuh bgtz niech bwt pdoman

  131. huch……………..!!! bgug tw’

  132. gean ngap.,? msih dha pelajran kyak gene ch!!!!!!!!!!!!!! bkin otak pyengggggggggggggg jha!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  133. got tat uraian droneuh,sebab le tat ureueng komen.

  134. he..he..he.. guampang twnan oi

  135. cara mudah memahami Fisika gmna ya….??

  136. satuan selain satuan SI mana,,,,,,,?

  137. jadi bisa cari pr fisika dari sini.. :)

  138. apa contoh pemuaian padat ..???

    kasih tw donk..

  139. makasih udh menambah wawasan

  140. siang semua nya pencinta dunia fisika

  141. maksai,,,, tetapi van cari yang kaitannya daengan dalil alquran atau hadis

  142. tulislah semua jenis satuan ,besaran dan konversi satuan.

  143. zz urang lengkaap

  144. makasih aQ bza buat LKS dengan baik….
    dengan bantuan materi ini…

  145. bagus tapi kurang lengkap …….! ;)

  146. pengertian satuannya mana

  147. ccd

  148. ThaNks YacH…….!!!

  149. rumus nya man kurang lengkap

  150. mummmett,,,,><"

  151. tanks byak10000x……….

  152. bang q minta eahhh….wt tugas..
    thanq’s….

  153. thanks yah artikel nya
    berkat artikel ini gw jdi bisa ngapalin

  154. :) ;) *:

  155. Saya punya tugas fisika,kami mencari pengrtian besaran dan satuan,tetapi yang saya dapat kan hanya pengertian besaran,di mana pengertian satuan,,?

  156. thanks yaaa

  157. g joss G KOMPLET :p

  158. terimakasih Y…. tp klw bsa tlg lbih lgkp lg!!!!!

  159. terimakasih atas blokx ini…. bsa jadi tambah wawasan ^_^

  160. TRIM Y

  161. mk4s!h yh444444,,,,,,,,,,,,,,,berk4t u q jd! bz4 kj4!n smw444444 tg4zzz q,,,,,,

  162. mkcheeeeeeee atzzz bntuaanx

  163. Lumayan deh, daripada nggak belajar .. abis Buku paket gantiaan ihhh, jadi nggak bisa belajar. makasih .. :)

  164. waduhh,,qhu thu nyari cntoh-cntoh besaran kq mlah masuk disini sie!!!
    huuu,,kepo..

  165. wah terimakasih banyak, tugas jadi cepat selesai ahhaahh

  166. bagaimana dengan regangan?regangan merupakan perbandingan antara pjg awal dengan prtmbhan pjg,jd tidak punya satuan…
    apa itu bukan besaran?

  167. hell….

  168. satuan tu pa????

  169. apa perbedaannya satuan dan besaran ?

  170. mintol donk masukkn 150 besaran fisika beserta satuan dan konversinya

  171. yah g da contohnya deh jdi susah lgi nih ,
    minimal 10 ja deh contohnya

  172. artikel nya kurang lengkap nech.
    jadi aq harus nyari lagi dech

  173. SEORANG SISWA MENGUKUR BERAT BADANYA.DARI HASIL PENGUKURAN DIPEROLEH BAHWA BERAT BADAN SISWA TERSEBUT 100 KG.DENGAN URAIAN TERSEBUT MANAKAH YG DIMAKSUD BESARAN,SATUAN,DAN NILAI SATUAN?JELASKAN

  174. apa perbedaannya antara kelajuan sama kecepatan bukannya sama2 satuan tpi knpa kok bisa dibedakan jdi besaran vektor sama scalar?
    please balas, aq takut salah pemahaman nantinya. biar ilmu saya ga sia2 tlong dijawab
    Terima Kasih :)

  175. makasih ya karna artikel ni q jadi ngak pusing cari tugas

  176. thanks ya artikel nya jd mudahin q ngerjain tugas

  177. hy teman temaN contoh besaran dalam fisika dengan contoh besaran yg bukan dlm fisika ???? ….tolong d bantu yahh :)

  178. Mendukung

  179. kayaknya ada yang kurang… yaituu tentang satuan… tapi gag papa… soalnya ckup membantu.. thanks iaa… :)

  180. sep bgus

  181. thaks ya gwa dah bsa nyelesain tgas niee,,,,,
    :)

  182. singkat

  183. sistem satuan internasional ??

  184. gan minta 50 daftar nama” besaran dan satuan fisika besarta alat ukurnya dalam bentuk tabel,,,gw butuh banged,,,bisa ditolong gag???

  185. saya izin download ya, kalu tidak diizinkan akan saya hapus file nya
    makasih sebelumnya.

  186. Menurutku udah cukup bagus kok?????

  187. y guatu sukabanget pelajaran fisika sampe sampe mau di ajak ke bandung gua gak mau gua mentingn blajar fisika

  188. Mkasih ataz pstingx ea bang . . . .

  189. [...] adalah besaranyang mempunyai nilai saja sebagai contoh kelajuan, perlajuan dan lain-lain. Sumber :http://alljabbar.wordpress.com/2008/03/05/besaran-dan-satuan/ Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. This entry was posted in [...]

  190. apa yang dimaksud dengan besaran satuan??
    gak ada pengertiannya??????????????????????????????????!

  191. thanks banget, ini udah ngebantu gue buat ngerjain tugas :)

  192. Thanks yach for Artikelnyaaa

  193. memang bagus sih! makasih ya…

  194. baghuzt bheudd

  195. unyuh unyuh

  196. [...] http://alljabbar.wordpress.com/2008/03/05/besaran-dan-satuan/ [...]

  197. anjeng

  198. […] Terima Kasih buat http://alljabbar.wordpress.com/2008/03/05/besaran-dan-satuan/ […]

  199. […] Terima Kasih buathttp://alljabbar.wordpress.com/2008/03/05/besaran-dan-satuan/ […]

  200. bagus trim…….. trus aku minta tolomg apa arti pengukuran dan harga


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: